Rabu, 27 Juni 2012

POKJAWAS PENDAIS TK/SD/RA/MI


SUSUNAN PENGURUS
KELOMPOK KERJA PENGAWAS (POKJAWAS)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TK/SD/RA/MI
KABUPATEN BANYUWANGI
PERIODE 2012-2015
KETUA                            :    MOH. YANI, S.Ag,MM,M.Pd.I
Wakil KETUA                  :    DRS.IMAM GHOZALI,M.Pd.I

SEKRETARIS                  :    DRS. SUROSO
Wakil Sekretaris                :    NUR HAMID, S.Pd.I

BENDAHARA                 :    Hj.ALFIAH, S.Ag
Wakil Bendahara               :    SRI AGUSTININGSIH

KOORDINATOR BIDANG:

1.        Pelaporan, Program dan Evaluasi     :   1. Drs. MOHTAR
                                                           2. SUMARJI,S.Pd.I
                                                               
2.        Peningkatan Kompetensi Pengawas  :  1. EDY SUMITO, S.Ag
                                                           2. DRS. SHOLIHAN,M.Pd.I                                    

3.        Kesejahteraan Pengawas                  :  1. H. MIJAZZIN, S.Ag
                                                           2. HADIRI, S.PdI
                                                               
                                                               
                                                       KetuaPokjawas

                                                                ttd

                                                       MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I
                                                                   NIP.196907251992031002

Visi & Misi Pokjawas TK/SD/RA/MI

V I S I

"Terwujudnya Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam  di Sekolah dan penyelenggaraan pendidikan di Madrasah yang kondusif, efektif, dan inovatif".

M I S I

1.      Memposisikan Pengawas Pendidikan Agama Islam sebagai pejabat fungsional yang memiliki fungsi strategis dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Pendidikan Agama Islam di Madrasah dan Sekolah.
2.      Meningkatkan profesionalisme Pengawas Pendidikan Agama Islam.
3.      Meningkatkan kualitas pelaksanaan supervisi di Sekolah/Madrasah.
4.      Memberdayakan Pengawas Pendidikan Agama Islam sesuai tugas dan fungsinya.
5.      Memberdayakan IGRA, KKM, MGMP dan KKG-PAI.

STRATEGI

1.      Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan kepengawasan.
2.      Membangun kemitraan dengan IGRA, KKM, MGMP, KKG, dan APSI.
3.      Menyelenggarakan Rapat Dinas Tetap (RADINTAP) setiap bulan
4.      Pengadaan sekretariat pokjawas yang representatif
5.      Pemberdayaan pengurus pokjawas

ACUAN OPERASIONAL
1.      Kode Etik Pegawai Kementerian Agama.
2.      Visi dan Misi Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi
3.      SK Menpan No. 118 Tahun 1996 Tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka kreditnya.
4.      KMA No. 381 Tahun 1999 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Angka Kreditnya.
5.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Bab XIX pasal 66.
6.      PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
7.      Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum.
8.      Permendiknas No. 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
9.      Peraturan Menteri Agama RI No. 16 Tahun 2010 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI).

RENCANA KERJA POKJAWAS (RKP) TAHUN 2012-2015
1.      Rapat Kerja Pokjawas
2.      Radintap Pokjawas  setiap bulan minggu kedua,
3.      Pembuatan Instrumen Supervisi dan Evaluasi.
4.      Rapat koordinasi  Pokjawas.
5.      Sosialisasi UN, UASBN, USBN dan UAMBN.
6.      Penyusunan Data Base sumber daya pendidikan pada sekolah dan madrasah.
7.      Sosialisasi akreditasi dan pelatihan Assessor.
8.      Peningkatan kompetensi pengawas.
9.      Penilaian MSN.
10.  Sosialisasi dan konsolidasi organisasi.
11.  Orientasi dan pelatihan kepengawasan terutama bagi para pengawas yang baru diangkat.
12.  Temu konsultasi dengan pengurus IGRA,KKM, MGMP, KKG, AGPAI, dan APSI.
13.  Pelatihan ICT untuk para pengawas dan guru.
14.  Pembuatan Web Site Pokjawas Kabupaten Banyuwangi, dan guru-guru yang sudah lulus sertifikasi.
15.  Menyelenggarakan porseni dan lomba kreasi guru.

Sabtu, 02 Juni 2012

CONTOH PENILAIAN.....


PENGUMPULAN DATA SUMBER DAYA PENDIDIKKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR / BIMBINGAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH / MADRASAH YANG BERPENGARUH   TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISIWA  SEMESTER I TAHUN PELAJARAN ..................


 
I.        PENDAHULUAN
a.                   Latar Belakang.
Pengkajian terhadap beberapa factor yang mempengaruhi perkembangan dan hasil belajar mengajar sisiwa perlu dilakukan baik terhadap sumber daya pendidikan proses belajar mengajar maupun lingkungan sekolah.

b.                  Masalah.
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh factor sumber daya pendidikan proses belajar mengajar maupun lingkungan sekolah / madrasah.
c.                  Tujuan.
Menemukan factor yang mempengaruhi belajar siswa

II.     PENDEKATAN / METODE.
A.     Ruang Lingkup kegiatan
Pengkajian sumber daya pendidikan dan lingkungan sekolah / madrasah di Kelurahan ............... Kabupaten Banyuwangi

B.     Populasi.
Tenaga kependidikan yang ada di Kelurahan .................Kabupaten Banyuwangi.

C.     Metode Pengumpulan Data.
Menggunakan metode kunjungan sekolah ( School Visit ) / Kelas, Test mendadak, Observasi, Laporan Kepala Sekolah/ Madrasah serta wawancara dan documenter.

D.     Pengolahan dan Analisa Data.
Pengolahan dan Analisa data  menggunakan Statistik sederhana dan hasil belajar siswa.

III.   TEMUAN DAN ANALISA DATA.

A.     Sumber Daya Pendidikan
Keadaan tenaga kependidikan ditinjau dari tingkat pendidikan untuk TK / SD masih ada yang belum berkelayakan khususnya untuk GPAI dan untuk RA/ MI masih ada tenaga pendidikan yang belum berkelayakan ddan ditinjau dari beban mengajar sudah semakin ideal.

B.     Proses Belajar Mengajar
Kemampuan guru alam hal penguasaan materi dan pemahaman methodology pengajaran masih perlu ditingkatkan khususnya guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan RA,  untuk mata pelajara Umum dan mata pelajaran Pendidika Agama untuk guru TK/SD 
C.     Lingkungan
Untuk lingkungan sekolah / madarash perlu pembenahan yang maksimal antara lain :
1.      Untuk T/SD / RA / MI masih ada yang belum mempunyai Musholla.
2.      Penggunaan UKS di SD/MI/TK/RA kurang berfungsi secara keseluruhan
3.      Lingkungan Sebagai sumber belajar belum digunakan sebagaimana mestinya.


IV.              KESIMPULAN DAN SARAN.
A.     Kesimpulan.
1.      Sumber daya pendidika, Proses belajar mengajar dan lingkungan sekolah / Maadarash mempunyai pengaruh tentang hasil belajar siswa.
2.      Ruang belajar di TK/SD/RA/MI sebagian ada yang perlu ddiadakan perbaikan.
3.      TK/SD/RA/MI masih ada yang belum mempunyai musholla.

B.     Saran – saran.
1.      Adakan pembinaan yang kontinyu terhadap sumber daya pendidikan
2.      Ruang belajar untuk TK/SD/RA/MI agar mengajukan usulan dalam bentuk proposal ke Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Rehab.
3.      Agar setiap TK/SD/RA/MI mempunyai musholla untuk pelaksanaan praktek sholat bagi siswa yang beragama islam.
                                                                                        Banyuwangi, ..................
                Mengetahui
                Ketua POKJAWAS                                           Pengawas Pendais



               MOH. YANI, S.Ag, MM                                     ___________________
               Nip. 196907251992031002                                   Nip.

contoh format kegiatan kepengawasan



contooooooooooooh aja............
MERUMUSKAN RANCANGAN PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN 
SEKOLAH / MADRASAH TINGKAT KABUPATEN BANYUWANGI 
TAHUN PELAJARAN................./..........................





I.        PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang.
Dalam melaksanakan sesuatu rumusan program kerja kiranya diiringi dengan kegiatan kepengawasan  yang intensif. Ini sangat penting karena pelaksanaan rumusan program harus senantiasa di evaluasi dan revisi, selanjutnya hasil kepengawasan tersebut perlu diolah dan dianalisa sehingga mengahsilkan kesimpulan untuk diadakan perbaikan.

  1. Masalah.
Lemahnya proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan indicator rendahnya hasil ujian sekolah /SHB maupun Ujian Akhir Bestandart Nasional ( UASBN ) Tahun Pelajaran ............... / ........., khususnya mata pelajaran IPA, IPS , Matematika untuk MI serta mata pelajaran PAI untuk SD.

  1. Tujuan.
Sebagai bahan masukan untuk menyusun rumusan program pengawasan sekolah tingkat Kabupaten Tahun Pelajaran.............. / ............ dan memberi umpan balik ( Feed Back) pada pengawas Sekolah untuk menyempurnakan kegiatan kepengawasan berikutnya.

II.     PENDEKATAN / METODE.

A.     Ruang Lingkup.
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang berada di Kelurahan.......Kec. / Kabupaten Banyuwangi

B.     Populasi.
Tenaga Pendidikan Yang berada di Kelurahan ....................Kec. / Kabupaten Banyuwangi.

C.     Metode Pengumpulan Data.
Menggunakan metode kunjungan sekolah ( School Visit ) / Kelas Test mendadak, Observasi, Laporan Kepala Sekolah/ Madrasah serta wawancara dan documenter.

D.     Pengolahan dan Analisa Data.
Pengolahan dan Analisa data menggunakan Statistik sederhana.

III.   TEMUAN DAN ANALISA DATA.

A. Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam yang berada di Sekolah Dasar untuk mata pelajaran Agama Islam serta Guru Madrasah Ibtidaiyah untuk mata pelajaran Umum, Guru TK / RA Penguasaan materi serta metode masih rendah / kurang variatif.
B.     Komitmen Guru PendidikanAgama Islam pada Sekolah Dasar serta Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Madrasah, Guru TK / RA perlu pembinaan yang rutin dan kompleks.
C HASIL EBTA/SHB/UASBN UNTUK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH
NO
Nama Sekolah
Nilai Rata - Rata

PAI
PKN
BI
MTK
IPA
IPS
B.ING
Ket.
1.
SDN
77
-
-
-
-
-
-
-
2.
SDN
73
-
-
-
-
-
-
-
3.
SDN
73
-
-
-
-
-
-
-
4.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
5.
SDN
73
-
-
-
-
-
-
-
6.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
7.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
8.
SDN
75
-
-
-
-
-
-
-
9.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
10.
SDN
77
-
-
-
-
-
-
-
11.
SDN
75
-
-
-
-
-
-
-
12.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
13.
SDN
76
-
-
-
-
-
-
-
14.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
15.
SDN
74
-
-
-
-
-
-
-
16.
SDN
75
-
-
-
-
-
-
-
17.
SDN
70
-
-
-
-
-
-
-
18.
SDN
65
-
-
-
-
-
-
-
19.
SDN
60
-
-
-
-
-
-
-
20.
SDN
60
-
-
-
-
-
-
-
21.
SDN
62
-
-
-
-
-
-
-
22.
SDN
60
-
-
-
-
-
-
-
23.
SDN
56
-
-
-
-
-
-
-
24.
SDN
55
-
-
-
-
-
-
-
25.
MI
-
73
76
56
60
65
-
-
26.
MI
-
72
65
47
55
47
-
-
27.
MI
-
70
67
54
53
57
-
-
28.
MI
-
75
80
65
70
66
-
-
29.
MI
-
74
78
60
56
58
-
-
30.
TK
-
-
-
-
-
-
-
-
31.
RA
-
-
-
-
-
-
-
-
32.
RA
-
-
-
-
-
-
-
-

IV.              KESIMPULAN DAN SARAN.

A.     Kesimpulan.
1.   Nilai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah untuk SD masih ada yang rendah dibawah rata- rata.
2.      Untuk Madrasah Ibtidaiyah untuk mata pelajaran IPA,IPS,Matematika masih rendah dibawah nilai rata – rata.
B.     Saran – saran.
1. Untuk Sekolah Dasar hendaknya GPAI diikutsertakan dalam pelatihan untuk menambah wawasan.
2. Untuk Madrasah Ibtidaiyah guru – guru Guru mata pelajaran IPA, IPS, Matematika,PKN dan Mapel Umum perlu secara kontinue mengikuti kegiatan Profesional, Sharing dalam KKM,KKG dan mengikuti diklat,workshop,lokakarya dan sejenisnya untuk menambah wawasan, mampu mengimplementasikan/menerapkan mapel yang diampunya.
3.  Guru TK / RA hendaknya dikutsertakan pula dalam mengikuti pelatihan secara periodik untuk menambah wawasan.

                                                          Banyuwangi,................................
Mengetahui 
Ketua POKJAWAS                                                             Pengawas Pendais


MOH. YANI, S.Ag, MM                                                    ____________________
Nip. 196907251992031002                                                   Nip.