Jumat, 27 Januari 2012

RUBRIK PENILAIAN KTSP

Instrumen 1
RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN MENYUSUN KTSP DOKUMEN I

Nama Kelompok/Sekolah): ……………………………

No.
Aspek Penilaian
Deskriptor
Ya
Tidak
Komentar
1.            
                       
Cover/halaman judul
·         Terdapat judul yang tepat (Kurikulum ...)
·         Terdapat logo yang diperlukan dan sesuai dengan penempatannya
·         Menulis alamat sekolah dengan lengkap




2.
Lembar pengesahan

·         Terdapat tanda tangan kamad sebagai pihak yang mengesahkan beserta cap madrasah
·         Terdapat tanda tangan ketua komite madrasah sebagai pihak yang menyetujui
·         Terdapat tanda tangan pengawas sebagai pihak yang menyetujui
·         Terdapat tanda tangan Mapenda kab/kota/provinsi sebagai pihak yang mengetahui




3.
Daftar isi
·         Mempunyai daftar isi sesuai dengan kerangka KTSP Dok. I
·         Penulisan daftar isi sesuai dengan aturan penulisan yang benar (Judul, Bab, Subbab, dst...)




4.
BAB I. PEN-DAHULUAN
A. Latar Bela-
     kang
·         Berisi dasar pemikiran penyusunan KTSP
·         Berisi landasan hukum




5.
B. Tujuan
     Pengem-
     bangan
     KTSP
·         Terdapat tujuan yang menggambarkan untuk siapa KTSP ini disusun dan kegunaannnya




6.
C. Prinsip
    dan Acuan
    Pengem-
    bangan
    KTSP
·         Minimal berisi prinsip pengembangan dan acuan pengembangan yang terdapat dalam Panduan Penyusunan KTSP dari BSNP
·         Terdapat uraian dari setiap prinsip pengembangan dan acuan pengembangan KTSP tersebut.
·         Perlu ditambahkan satu pernyataan tentang karakteristik madrasah berbasis karakter bagi madrasah yang melaksanakannya 




7.
D. Konteks Masyarakat dan Konteks Madrasah (tempat  kurikulum akan diberlakukan)

·         Terdapat uraian tentang konteks masyarakat dan konteks madrasah atau profil madrasah



8.
Bab II. TUJU-
            AN
A. Tujuan Pendidikan
·         Sesuai dengan rumusan tujuan pendidikan (sesuai dengan levelnya: PAUD/RA, pendidikan di MI, MTs, MA) yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan (SKL)




8.
B. Visi Madrasah
·         Berisi gambaran masa depan yang diinginkan sekolah
·         Sesuai dengan profil, lingkungan, peserta didik dan orang tua serta personil sekolah
·         Dirumuskan dalam kalimat yang filosofis, mudah diingat dan menjadi semboyan
·         Dikembangkan  indikatornya. 




9.
C. Misi
     Madrasah
·         Merupakan rumusan yang menggambarkan aksi/tindakan/layanan madrasah untuk mencapai visi
·         Mengacu pada 8 Standar Nasional pendidikan atau   
·         Sesuai dengan tugas pokok madrasah dalam kelompok-kelompok yang berkepentingan di madrasah tersebut
·         Memuat pernyataan umum dan khusus yang berkaitan dengan program madrasah




10.
D. Tujuan
     Madrasah
·         Terdapat tujuan madrasah yang menggambarkan tahapan/langkah untuk mencapai visi dan misi madrasah
·         Menggambarkan tingkat kualitas yang perlu dicapai dalam jangka menengah (3 s.d. 5 tahun)




11.
BAB III.  STRUKTUR DAN MUATAN KTSP
A. Struktur
    KTSP

·         Berisi “Struktur Kurikulum Tingkat Madrasah”  yang disusun berdasarkan  kebutuhan peserta didik dan madrasah terkait dengan upaya pencapaian SKL.
·         Pengembangan Struktur Kurikulum dilakukan dengan cara  antara lain:
-           Mengatur alokasi waktu pembelajaran “tatap muka” seluruh mata pelajaran.
-          Memanfaatkan 4 jam tambahan untuk menambah jam pembelajaran pada  mata pelajaran tertentu atau menambah  mata pelajaran baru (apabila alasan tertentu sekolah menambah lebih dari 4 jam pelajaran maka perlu mendapat persetujan stakeholder dan Kasi Mapenda).
-          Mencantumkan jenis mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri dalam struktur kurikulum.
-          Tidak mengurangi mata pelajaran yang tercan-tum dalam standar isi




12.
B. Muatan
    Kurikulum
1.Mata Pela-
    jaran

·         Terdiri atas sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan (Reguler: PAUD/RA selama 2 tahun, MI 6 tahun, MTs 3 tahun, MA 3 tahun) termasuk pengorganisasiannya.



13.
2. Muatan
    Lokal
·         Terdapat jenis-jenis muatan lokal yang digunakan beserta alasan penggunaan/ pemilihannya
·         Sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah/sekolah




13.
3. Pengem-
    bangan
    Diri
·         Terdapat jenis-jenis pengembangan diri yang digunakan/dipilih beserta alasan pemilihannya
·         Pengembangan diri yang dipilih sesuai dengan karakteristik, potensi, minat dan bakat serta kondisi sekolah




14.
4. Beban
    Belajar
·         Terdapat beban belajar yang berisi jumlah beban belajar permata pelajaran, per semester, dan per tahun sesuai dengan struktur kurikulum




15.
5. Ketuntasan
    Belajar
·         Mempunyai tabel ketuntasan belajar untuk setiap mata pelajaran di masing-masing jenjang
·         Ketuntasan belajar yang dirumuskan diperkirakan sudah mempertim-bangkan kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas, dan SDM yang tersedia





6. Kenaikan
    Kelas,
    Kelulusan,
   Rekrutmen,
   dan Mutasi
·         Merumuskan kriteria kenaikan kelas sesuai dengan kriteria yang diatur direktorat pembinaan terkait
·         Merumuskan kriteria kelulusan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
·         Terdapat strategi penanganan siswa yang tidak naik kelas dan atau tidak lulus
·         Terdapat rumusan/ penjelasan tentang mekanisme rekrutmen peserta didik
·         Terdapat rumusan/ penjelasan tentang mekanisme mutasi peserta didik




16.
7. Penjurusan
·       Terdapat kriteria dan mekanisme  penjurusan serta strategi/kegiatan penelusuran bakat, minat, dan prestasi yang diberlakukan oleh madrasah, yang  ditentukan dengan mengacu pada panduan penjurusan yang disusun oleh Direktorat terkait.
·      Program akselerasi dipaparkan di sini.




17.
8. Pendidikan
    Kecakapan
    hidup
·         Terdapat rumusan kompetensi-kompetensi yang berisi pendidikan kecakapan hidup yang dapat diintegrasikan ke mata pelajaran yang ada




18.
9. Pendidikan
    Berbasis     Keunggulan
    Lokal dan
    Global
·         Terdapat rumusan kompetensi-kompetensi yang merupakan keunggulan lokal dan daya saing global baik yang diintegrasikan pada mata pelajaran yang ada atau menjadi mulok




19
10. Pendidi-kan Karakter dan Budaya Bangsa (Bagi Madrasah yang berwa-wasan pendi-dikan karak-ter dan buda-ya bangsa)
·         Terdapat rumusan implementasi integrasi pendidikan karakter dan nilai-nilai karakter yang ditekankan.



20.
BAB IV. KALENDER PENDIDIKAN
·         Terdapat kalender pendidikan yang disusun berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Kemendiknas/Kemenag dan memperhatikan kalender pendidikan yang ada di Standar Isi
·         Kalender pendidikan tersebut disusun berda-sarkan kebutuhan dan karakteristik madrasah, peserta didik, dan masyarakat.







Catatan Kelebihan/Kekurangan






Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Nilai =       Skor Perolehan
                  ______________ x 100
                   
                  Skor Maksimal                             
................, …………………
Pengamat,

                                                                                                                                                ...........................................


Instrumen 2

RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN MENYUSUN SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Pratikan (Kelompok/Guru): ……………………………

N
o
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Komentar
1.            
                       
Ketepatan dan kea-jegan  SK/   KD
·         Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·         Jika terjadi perubahan urutan,maka sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi
·         Ada kesesuaian antara KD dengan komponen-komponennya  (indikator, materi, kegiatan belajar, media/sumber, evaluasi)



2.
Keakuratan Materi  Pembela-jaran

·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Sesuai dengan tingkat perkembangan dan bermanfaat bagi peserta didik



3.
Kegiatan Pembela-jaran
·         Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa/belajar aktif
·         Tahapan kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
·         Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk  mengembangkan kecakapan hidup (personal, sosial)
·         Sesuai dengan pengalaman belajar yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran



4.
Indikator
·         Rumusan indikator berisi jabaran perilaku untuk mengukur tercapainya KD
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi
·         Terdiri dari beberapa rumusan indikator (minimal 2 indikator) untuk setiap KD
·         Tingkat kata kerja lebih rendah atau minimal sama dengan KD



5.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Wujud/contoh alat penilaian jelas dan sesuai dengan indikator



6.
Alokasi Waktu
·         Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·         Alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun



7.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi




Catatan Kelebihan/Kekurangan




Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Nilai =       Skor perolehan
                  ______________ x 100
                  Skor Maksimal                             
................, …………………
Pengamat,
                                                                                                                                                                                                                                                            ...........................................


Instrumen Kinerja 3

RUBRIK PENILAIAN
KEMAMPUAN MENYUSUN RPP MATA PELAJARAN

Nama Pratikan  (Individual/Kelompok): ………………………….

N
o
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Komentar
1.            
                       
Kesesuaian SK, KD, indikator, dan alokasi waktu
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi
·         Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan atau diobservasi dan sesuai dengan indikator yang ada di silabus



2.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD



 3.
Pengembang-an materi dan bahan ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual



4.
Metode Pembelajar-an
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran



5.
Langkah-langkah Pembelajar-an
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya, informasi yang akan dilakukan atau dicapai  siswa.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran mencerminkan tahan ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan, refleksi, evaluasi, dan
 tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)


6.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


7.
Penilaian
·         Penilaian mencakup seluruh indikator
·         Teknik dan bentuk penilaian sesuai  dengan indikator
·         Terdapat instrumen setiap indikator
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat



Catatan Kelebihan/Kekurangan




Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Nilai =       Skor perolehan
                  ______________ x 100
                 Skor Maksimal                      

.................. , …………………
Pengamat

                                                                        ..............................................






Tidak ada komentar:

Posting Komentar