PENGUMPULAN DATA SUMBER DAYA
PENDIDIKKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR / BIMBINGAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH /
MADRASAH YANG BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISIWA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN ..................
I.
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang.
Pengkajian terhadap beberapa factor yang mempengaruhi
perkembangan dan hasil belajar mengajar sisiwa perlu dilakukan baik terhadap
sumber daya pendidikan proses belajar mengajar maupun lingkungan sekolah.
b.
Masalah.
Hasil
belajar siswa dipengaruhi oleh factor sumber daya pendidikan proses belajar
mengajar maupun lingkungan sekolah / madrasah.
c. Tujuan.
Menemukan
factor yang mempengaruhi belajar siswa
II.
PENDEKATAN /
METODE.
A.
Ruang Lingkup
kegiatan
Pengkajian sumber daya pendidikan dan lingkungan
sekolah / madrasah di Kelurahan ............... Kabupaten Banyuwangi
B. Populasi.
Tenaga kependidikan yang ada di Kelurahan .................Kabupaten Banyuwangi.
C. Metode Pengumpulan Data.
Menggunakan metode kunjungan sekolah ( School Visit )
/ Kelas, Test mendadak, Observasi, Laporan Kepala Sekolah/ Madrasah serta
wawancara dan documenter.
D. Pengolahan dan Analisa Data.
Pengolahan dan Analisa data menggunakan Statistik sederhana dan hasil
belajar siswa.
III. TEMUAN DAN ANALISA DATA.
A. Sumber Daya Pendidikan
Keadaan tenaga kependidikan ditinjau dari tingkat
pendidikan untuk TK / SD masih ada yang belum berkelayakan khususnya untuk GPAI
dan untuk RA/ MI masih ada tenaga pendidikan yang belum berkelayakan ddan
ditinjau dari beban mengajar sudah semakin ideal.
B. Proses Belajar Mengajar
Kemampuan guru alam hal penguasaan materi dan
pemahaman methodology pengajaran masih perlu ditingkatkan khususnya guru
Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan RA, untuk
mata pelajara Umum dan mata pelajaran Pendidika Agama untuk guru TK/SD
C. Lingkungan
Untuk lingkungan sekolah /
madarash perlu pembenahan yang maksimal antara lain :
1.
Untuk T/SD / RA / MI masih ada yang belum mempunyai
Musholla.
2.
Penggunaan UKS di SD/MI/TK/RA kurang berfungsi secara
keseluruhan
3.
Lingkungan Sebagai sumber belajar belum digunakan
sebagaimana mestinya.
IV.
KESIMPULAN DAN SARAN.
A. Kesimpulan.
1.
Sumber daya pendidika, Proses belajar mengajar dan
lingkungan sekolah / Maadarash mempunyai pengaruh tentang hasil belajar siswa.
2.
Ruang belajar di TK/SD/RA/MI sebagian ada yang perlu
ddiadakan perbaikan.
3.
TK/SD/RA/MI masih ada yang belum mempunyai musholla.
B. Saran – saran.
1.
Adakan pembinaan yang kontinyu terhadap sumber daya
pendidikan
2.
Ruang belajar untuk TK/SD/RA/MI agar mengajukan usulan
dalam bentuk proposal ke Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Rehab.
3.
Agar setiap TK/SD/RA/MI mempunyai musholla untuk
pelaksanaan praktek sholat bagi siswa yang beragama islam.
Banyuwangi, ..................
Mengetahui
Ketua POKJAWAS Pengawas
Pendais
MOH. YANI, S.Ag, MM ___________________
Nip. 196907251992031002 Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar