Sabtu, 02 Juni 2012

CONTOH PENILAIAN.....


PENGUMPULAN DATA SUMBER DAYA PENDIDIKKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR / BIMBINGAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH / MADRASAH YANG BERPENGARUH   TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISIWA  SEMESTER I TAHUN PELAJARAN ..................


 
I.        PENDAHULUAN
a.                   Latar Belakang.
Pengkajian terhadap beberapa factor yang mempengaruhi perkembangan dan hasil belajar mengajar sisiwa perlu dilakukan baik terhadap sumber daya pendidikan proses belajar mengajar maupun lingkungan sekolah.

b.                  Masalah.
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh factor sumber daya pendidikan proses belajar mengajar maupun lingkungan sekolah / madrasah.
c.                  Tujuan.
Menemukan factor yang mempengaruhi belajar siswa

II.     PENDEKATAN / METODE.
A.     Ruang Lingkup kegiatan
Pengkajian sumber daya pendidikan dan lingkungan sekolah / madrasah di Kelurahan ............... Kabupaten Banyuwangi

B.     Populasi.
Tenaga kependidikan yang ada di Kelurahan .................Kabupaten Banyuwangi.

C.     Metode Pengumpulan Data.
Menggunakan metode kunjungan sekolah ( School Visit ) / Kelas, Test mendadak, Observasi, Laporan Kepala Sekolah/ Madrasah serta wawancara dan documenter.

D.     Pengolahan dan Analisa Data.
Pengolahan dan Analisa data  menggunakan Statistik sederhana dan hasil belajar siswa.

III.   TEMUAN DAN ANALISA DATA.

A.     Sumber Daya Pendidikan
Keadaan tenaga kependidikan ditinjau dari tingkat pendidikan untuk TK / SD masih ada yang belum berkelayakan khususnya untuk GPAI dan untuk RA/ MI masih ada tenaga pendidikan yang belum berkelayakan ddan ditinjau dari beban mengajar sudah semakin ideal.

B.     Proses Belajar Mengajar
Kemampuan guru alam hal penguasaan materi dan pemahaman methodology pengajaran masih perlu ditingkatkan khususnya guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan RA,  untuk mata pelajara Umum dan mata pelajaran Pendidika Agama untuk guru TK/SD 
C.     Lingkungan
Untuk lingkungan sekolah / madarash perlu pembenahan yang maksimal antara lain :
1.      Untuk T/SD / RA / MI masih ada yang belum mempunyai Musholla.
2.      Penggunaan UKS di SD/MI/TK/RA kurang berfungsi secara keseluruhan
3.      Lingkungan Sebagai sumber belajar belum digunakan sebagaimana mestinya.


IV.              KESIMPULAN DAN SARAN.
A.     Kesimpulan.
1.      Sumber daya pendidika, Proses belajar mengajar dan lingkungan sekolah / Maadarash mempunyai pengaruh tentang hasil belajar siswa.
2.      Ruang belajar di TK/SD/RA/MI sebagian ada yang perlu ddiadakan perbaikan.
3.      TK/SD/RA/MI masih ada yang belum mempunyai musholla.

B.     Saran – saran.
1.      Adakan pembinaan yang kontinyu terhadap sumber daya pendidikan
2.      Ruang belajar untuk TK/SD/RA/MI agar mengajukan usulan dalam bentuk proposal ke Pemerintah Daerah untuk mendapatkan Rehab.
3.      Agar setiap TK/SD/RA/MI mempunyai musholla untuk pelaksanaan praktek sholat bagi siswa yang beragama islam.
                                                                                        Banyuwangi, ..................
                Mengetahui
                Ketua POKJAWAS                                           Pengawas Pendais



               MOH. YANI, S.Ag, MM                                     ___________________
               Nip. 196907251992031002                                   Nip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar