MERUMUSKAN RANCANGAN PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN
SEKOLAH / MADRASAH TINGKAT KABUPATEN BANYUWANGI
TAHUN PELAJARAN................./..........................
I.
PENDAHULUAN
- Latar Belakang.
Dalam melaksanakan sesuatu rumusan program kerja
kiranya diiringi dengan kegiatan kepengawasan
yang intensif. Ini sangat penting karena pelaksanaan rumusan program
harus senantiasa di evaluasi dan revisi, selanjutnya hasil kepengawasan
tersebut perlu diolah dan dianalisa sehingga mengahsilkan kesimpulan untuk
diadakan perbaikan.
- Masalah.
Lemahnya proses belajar mengajar sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa, dengan indicator rendahnya hasil ujian sekolah
/SHB maupun Ujian Akhir Bestandart Nasional ( UASBN ) Tahun Pelajaran ............... / ........., khususnya mata pelajaran IPA, IPS , Matematika untuk MI serta mata
pelajaran PAI untuk SD.
- Tujuan.
Sebagai bahan masukan untuk menyusun rumusan program
pengawasan sekolah tingkat Kabupaten Tahun Pelajaran.............. / ............ dan memberi
umpan balik ( Feed Back) pada pengawas Sekolah untuk menyempurnakan kegiatan
kepengawasan berikutnya.
II.
PENDEKATAN /
METODE.
A.
Ruang Lingkup.
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang berada di
Kelurahan.......Kec. / Kabupaten Banyuwangi
B. Populasi.
Tenaga Pendidikan Yang berada di Kelurahan ....................Kec. / Kabupaten
Banyuwangi.
C. Metode Pengumpulan Data.
Menggunakan metode kunjungan sekolah ( School Visit )
/ Kelas Test mendadak, Observasi, Laporan Kepala Sekolah/ Madrasah serta
wawancara dan documenter.
D. Pengolahan dan Analisa Data.
Pengolahan dan Analisa data menggunakan Statistik
sederhana.
III. TEMUAN DAN ANALISA DATA.
A. Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam yang berada di
Sekolah Dasar untuk mata pelajaran Agama Islam serta Guru Madrasah Ibtidaiyah
untuk mata pelajaran Umum, Guru TK / RA Penguasaan materi serta metode masih
rendah / kurang variatif.
B. Komitmen Guru PendidikanAgama Islam pada Sekolah Dasar
serta Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Madrasah, Guru TK / RA perlu pembinaan yang
rutin dan kompleks.
C HASIL EBTA/SHB/UASBN UNTUK SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH
IBTIDAIYAH
NO
|
Nama Sekolah
|
Nilai Rata - Rata
|
|||||||
PAI
|
PKN
|
BI
|
MTK
|
IPA
|
IPS
|
B.ING
|
Ket.
|
||
1.
|
SDN |
77
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
SDN |
73
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
SDN |
73
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
SDN |
73
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8.
|
SDN |
75
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10.
|
SDN |
77
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
11.
|
SDN |
75
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
13.
|
SDN |
76
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
15.
|
SDN |
74
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
16.
|
SDN |
75
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
17.
|
SDN |
70
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
18.
|
SDN |
65
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
19.
|
SDN |
60
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
20.
|
SDN |
60
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
21.
|
SDN |
62
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
22.
|
SDN |
60
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
23.
|
SDN |
56
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
24.
|
SDN |
55
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
25.
|
MI |
-
|
73
|
76
|
56
|
60
|
65
|
-
|
-
|
26.
|
MI |
-
|
72
|
65
|
47
|
55
|
47
|
-
|
-
|
27.
|
MI |
-
|
70
|
67
|
54
|
53
|
57
|
-
|
-
|
28.
|
MI |
-
|
75
|
80
|
65
|
70
|
66
|
-
|
-
|
29.
|
MI |
-
|
74
|
78
|
60
|
56
|
58
|
-
|
-
|
30.
|
TK |
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
31.
|
RA |
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
32.
|
RA |
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
IV.
KESIMPULAN DAN SARAN.
A. Kesimpulan.
1. Nilai untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah
untuk SD masih ada yang rendah dibawah rata- rata.
2.
Untuk Madrasah Ibtidaiyah untuk mata pelajaran
IPA,IPS,Matematika masih rendah dibawah nilai rata – rata.
B. Saran – saran.
1. Untuk Sekolah Dasar hendaknya GPAI diikutsertakan dalam
pelatihan untuk menambah wawasan.
2. Untuk Madrasah Ibtidaiyah guru – guru Guru mata
pelajaran IPA, IPS, Matematika,PKN dan Mapel Umum perlu secara kontinue mengikuti kegiatan Profesional, Sharing dalam KKM,KKG dan mengikuti diklat,workshop,lokakarya dan sejenisnya untuk menambah wawasan, mampu mengimplementasikan/menerapkan mapel yang diampunya.
3. Guru TK / RA hendaknya dikutsertakan pula dalam mengikuti
pelatihan secara periodik untuk menambah wawasan.
Banyuwangi,................................
Banyuwangi,................................
Mengetahui
Ketua POKJAWAS Pengawas
Pendais
MOH. YANI, S.Ag, MM ____________________
Nip. 196907251992031002 Nip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar