Minggu, 09 Desember 2012

KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PGWS


KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH PENGAWAS  PAI dan  MADRASAH
By. MOHAMMAD YANI, S.Ag, MM, M.Pd.I
  1. Kompetensi kepribadian
  2. Kompetensi supervisi akademik (SA)
  3. Kompetensi evaluasi pendidikan
  4. Kompetensi penelitian dan pengembangan;
  5. Kompetensi sosial. dan
  6. Kompetensi supervisi manajerial (khusus PMad)
KOMPETENSI  SUPERVISI AKADEMIK
  1. Mampu memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan/atau PAI pada Sekolah
  2. Mampu memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan perkembangan proses pembel/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah danlatau  PAI pada Sekolah
  3. Mampu membimbing guru dalam menyusun  silabus tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan atau PAI pada Sekolah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum (Studi-KTSP)
  1. Mampu membimbing guru dlm memilih dan menggunakan strategi/metode pembelajaran/bimb. yg dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui bidang   pengembangan atau mapel di Madrasah dan  atau PAI pada Sekolah
  1. Mampu membimbing guru dalam menyusun  RPP  untuk tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan/atau PAI pada Sekolah
  2. Mampu membimbing guru dalam melaksanakan keg. Pembel. /bimbingan (di kelas, lab, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan atau PAI pada Sekolah.
  3. Mampu membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pend. dan fasilitas pembel/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan/atau  PAI pada Sekolah; dan
  4. Mampu memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembel./bimbingan tiap bidang pengembangan atau mapel di Madrasah dan  atau   PAI pada Sekolah.

·         Pengawas Madrasah melaksanakan tugas pengawasan terhadap min. 7 (tujuh) RA, MI, MTs, MA, dan/atau MAK.
·         Pengawas PAI  melaksanakan tugas pengawasan terhadap min. 20 (dua puluh) GPAI pada TK, SD, SMP, dan/atau SMA.
TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS MADRASAH
  1. Penyusunan program pengawasan di bidang akademik dan manajerial
  2. Pembinaan dan pengembangan madrasah
  3. Pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesi guru madrasah
  4. Pemantauan penerapan standar nasional pendidikan
  5. Penilaian hasii pelaksanaan program pengawasan; dan  Pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan
TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS PAI
  1. Penyusunan program pengawasan  PAI
  2. Pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesi guru  PAI
  3. Pemantauan penerapan standar nasional PAI
  4. Penilaian hasil  pelaksanaan program pengawasan
  5. Pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan.
IMPLIKASI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
1.  Data Empiris dari Penilaian harus dijadikan dasar dlm menetapkan aspek-aspek yang perlu dikembangkan oleh Pengawas  dan strategi pengembangannya
2.  Kualitas data penilaian sangat tergantung pada  kualitas instrumen yang digunakan oleh Pengawas dalam melakukan  Supervisi Akademik (SA)
3.  SA  yg berkualitas secara langsung akan mempengaruhi  dan mengembangkan perilaku Guru dan Tenaga kependidikan dalam mengelola PBM dan madsarah untuk menjadi lebih berkualitas.
ORIENTASI  SUPERVISI AKADEMIK
    1. Direktif: untuk guru yg pengembangan dirinya sendiri sangat rendah—(dasar: psikologi behavioristik)
    2. Non-direktif: untuk guru yang pengembangan dirinya sendiri tinggi---(dasar: psikologi humanistik)
    3. Kolaboratif: jika tanggungjawab antara guru dan Pengawas seimbang---(dasar: psikologi kognitif)
PENDEKATAN  SUPERVISI AKADEMIK
1. Ilmiah: pembelajaran sbg ilmu—perlu metode-metode ilmiah---(keg. PTK, PTS, PTKepengawasan-- perlu “Pengembangan Instrumen” )
 2. Artistik: pembelajaran bagaikan tampilan karya seni--- perlu mengamati, merasakan dan mengapresiasi apa yg dilakukan oleh guru--- (Keg. Peer-teaching– Perlu  “Pengembanga Instrumen” )
 3. Klinis: pembelajaran bagaikan hubungan antara dokter dg pasien--- ada diagnosis--- perlu adanya kerja kolegial antara GPAI dan PPAI secara seimbang---(Keg. Pra-observasi, observasi, dan pasca observasi-- perlu  “Pengemb Instrumen”)
TEKNIK  SUPERVISI AKADEMIK
    1. Kunjungan kelas (class visit)
    2. Pertemuan pribadi
    3. Rapat dewan guru dan Kepala Madrasah
    4. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
    5. Pertemuan dalam kelompok profesi,
    6. Pemanfaatan Guru Model
    7. Magang guru
    8. Dan lain2  (Perlu “Pengembangan Instrumen”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar