Beberapa
Istilah dalam Strategi Pembelajaran
MOH. YANI, S.Ag,MM,M.Pd.I
MOH. YANI, S.Ag,MM,M.Pd.I
Beberapa
istilah yang hampir sama dengan strategi yaitu metode, pendekatan,
teknik atau taktik dalam pembelajaran.
1.
Metode
Metode
merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Metode
digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Strategi
menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu,
sedangkan metode adalah cara yang dapat
digunakan untuk melaksanakan strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat
dilaksanakan dengan berbagai metode.
2.
Pendekatan (Approach)
Pendekatan
(approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita
terhadap proses pembelajaran. Strategi
dan metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung dari
pendekatan tertentu. Roy Killen (1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan
dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centred
approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centred
approaches). Pendekatanyang berpusat pada guru menurunkan strategi
pembelajaran langsung (directinstruction), pembelajaran deduktif atau
pembelajaran ekspositori. Sedangkan,pendekatan pembelajaran yang berpusat pada
siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta
strategi pembelajaran induktif.
3.
Teknik
Teknik adalah cara yang dilakukan
seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode. Misalnya, cara yang
harus dilakukan agar metode ceramah berjalan efektif dan efisien. Dengan
demikian, sebelum seseorang melakukan proses ceramah sebaiknya memperhatikan
kondisi dan situasi.
Misalnya, berceramah pada siang hari
setelah makan siang dengan jumlah siswa yang banyak tentu saja akan berbeda
jika ceramah itu dilakukan pada pagi hari dengan jumlah siswa yang terbatas.
4.
Taktik
Taktik adalah gaya seseorang dalam
melaksanakan suatu teknik atau
metode tertentu. Taktik sifatnya lebih
individual, walaupun dua orang samasamamenggunakan metode ceramah dalam situasi
dan kondisi yang sama,sudah pasti mereka akan melakukannya secara berbeda,
misalnya dalam taktik menggunakan ilustrasi atau menggunakan gaya bahasa agar
materi yang
disampaikan mudah dipahami.
Dari penjelasan di atas, dapat
disimpulkan bahwa suatu strategi pembelajaran
yang diterapkan guru akan tergantung
pada pendekatan yang digunakan,
sedangkan bagaimana menjalankan strategi
itu dapat ditetapkan berbagai metode pembelajaran. Dalam upaya menjalankan
metode pembelajaran guru dapatmenentukan teknik yang dianggapnya relevan dengan
metode, dan penggunaan teknik itu setiap guru memiliki taktik yang mungkin
berbeda antara guru yang satu dengan yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar