Rabu, 05 Desember 2012

INDIKATOR KOMPETENSI


INDIKATOR KOMPETENSI
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembelajaran)
1.     Mengenal karakteristik anak didik
2.     Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3.     Pengembangan kurikulum
4.     Kegiatan pembelajaran yang mendidik
5.     Memahami dan mengembangkan potensi
6.     Komunikasi dengan peserta didik
7.     Penilaian dan evaluasi
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
8.     Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
9.     Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan  
10. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
KOMPETENSI SOSIAL
 (Pembelajaran)
11.  Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
12.   Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
KOMPETENSI PROFESIONAL
 (Pembelajaran)
13.Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
14.Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembimbingan)
1.     Menguasai teori dan praksis pendidikan
2.     Mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
3.     Menguasai esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan


KOMPETENSI KEPRIBADIAN
 (Pembimbingan)
4.     Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
5.     Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih
6.     Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
7.     Menampilkan kenerja berkualitas tinggi

KOMPETENSI PROFESIONAL
 (Pembimbingan)
8.     Mengimplimentasikan kolaborasi internal di tempat bekerja
9.     Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi BK
10.Mengimplimentasi kolaborasi    antar profesi
KOMPETENSI SOSIAL
 (Pembimbingan)
11. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli
12. Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK
13.  Merancang program BK
14.  Mengimplementasikan program BK yang komprehensif
15.   Menilai prses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling
16.    Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
17.    Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam BK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar