DIAGNOSIS MASALAH DAN ALTERNATIF MANGATASINYA
- STANDAR SARANA PRASARANA
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
1 | 1.1 Apakah arena sekolah sudah memadai? 1.2 Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dengan baik | - Ruang Kelas 1 s/d 3 @ (7x8) m2 Ruang kelas 4 s/d 6 @ (7 x 6) m2 - Ruang Guru (4x6) m2 - Ruang Perpustakaan + UKS (4 x 5) m2 - 2 Ruang MCK @ (1,5 x 2) m2 - Ruang Kepala Madrasah (4 x 5) m2 - Ruang Gudang 1,5 x 2) m2 - Ruang Musholla (5 x 7) m2 - Tempat Bermain dan Olahraga 200 m2 - Buku inventaris | - 1 Ruang kelas belum standar nasional - Ruang guru sudah ada tetapi belum standar ukuran nasional (7 x 8) - Ruang perpustakaan dan UKS masing menggabung dan belum memenuhi standar - Ruang WC kurang 1 - Ruang Kepala Madrasah sudah ada namun belum memenuhi standar - Ruang gudang sudah ada namun belum memenuhi standar - Ruang Musholla sudah ada namun keberadaannya masih menggabung dengan pondok pesantren - Tidak ada petugas khusus | - Mengadakan renovasi - Pengurus mengajukun permohonan bantuan terhadap pihak yang terkait - Koordinasi dengan pengurus dan diadakan renovasi ulang - Mengajukan usulan dana untuk pengembangan fisik - Diadakan pengembangan - Pengadaan pegawai baru |
- STANDAR ISI
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
2 | 2.1 Apakah kurikulum sesuai dan memadai | - KTSP Dokumen 1 - KTSP Dokumen 2 | - Lengkap (tidak ada masalah) - Pembuatan RPP masih belum sempurna terutama pada penataannya | - - Pembinaan dan pelatiahan |
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik | - Program Kerja Kegiatan Pramuka - Program Kerja Kegiatan Tilawah - Program Kerja Kegiatan Beladiri - Jadwal Kegiatan dan Daftar Hadir | - Kegiatan telah dilaksanakan tapi program, jadwal, dan daftar hadir belum dibuat | - Pembinaan dan koordinasi dengan pihak yang terkait |
- STANDAR PROSES
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
| 3.1 Apa silabus dan RPP sudah relevan | - Silabus dan RPP | - Secara keseluruhan RPP sudah dibuat, namun untuk kelas 1 perlu ada perbaikan | - Berusaha mencari refrensi dan koordinasi dengan pengawas |
| 3.2 Apakah RPP direncanakan untuk pembelajaran efektif | - RPP - RPP Hasil Perbaikan | - Pelaksanaan RPP tidak sesuai dengan kalender pendidikan | - Merelevansikan RPP dengan Kalender Pendidikan |
| 3.3 Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses secara tepat | - Buku Pegangan Guru - Buku Penunjang Guru - Buku Refrensi - RPP | - Sarana ada namun kurang memadai | - Mengalokasikan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana belajar siswa |
| 3.4 Apakah pembelajaran menerapkan PAKEM/CTL ? | RPP Jurnal Guru dan Siswa Instrumen Supervisi | - Pada umumnya jurnal sudah dibuat namun pengelolaannya belum maksimal | - Memberikan motifasi kepada guru dan menganjurkannya untuk selalu mengkondisikan jurnal dengan sebaik-baiknya |
| 3.5 Apakah sekolah memenuhi semua kebutuhan peserta didik | Peralatan Olahraga Buku Nilai Buku Rapor Siswa Absensi Siswa | - Kurangnya perawatan terhadap inventaris yang sudah ada - Kurangnnya peralatan | - Membentuk tenaga khusus untuk merawat inventaris madrasah - Mengalokasikan dana |
| 3.6 Bagamana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi | Brosur Piagam dan Tropi Prestasi Siswa | - Sebagian kecil masyarakat kurang mendukung terhadap keberadaan madrasah - Kurangnya peran serta wali murid | - Mengadakan pendakatan - Mengkondisikan peran serta wali murid dengan membentuk paguyuban kelas |
- STANDAR PENILAIAN
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
| 4.1 Sistim apakah yang sudah tersedia utuk memberi penilaian bagi peserta didik baik biang akademik maupun nonakademik | - Ulangan Harian - Ulangan Tengan Semester - Ulangan Semester - UAS-BN - Buku Rapor | - Ada sebagian kecil siswa yang nilainya kurang dari KKM | - Mengadakan jam tambahan |
| 4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses pembalajaran ? | Kenaikan Kelas Kelulusan Siswa | - Peserta didik terutama yang kelas rendah ada sebagian kecil ada yang dibawah umur sehingga tidak dapat menangkap pelajaran yang diajarkan | - Pengadaan Tenaga pendidik baru khusus untuk peserta didik yang dibawah umur |
| 4.3 Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses pembalajaran | Paguyuban Kelas | - Kurangnya peran aktif wali murid dalam mendukung kegiatan pembelajaran | - Mengadakan pertemuan untuk menginformasikan kepada wali murid tentang pentingnya peran aktif wali murid dalam proses pembelajaran |
- STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
| 5.1 Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis | - Hasil Ujian Akhir - Buku Rapor - Kohort Siswa | - Pada umumnya perolehan nilai AMBN belum memuaskan - Data statistik jarang terisi | - Diadakan pendalaman materi - Mengintensifkan pengisian data |
| 5.2 Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai angota masyarakat | - Buku Monitoring - Catatan Prestasi Siswa | - Pengembangan peserta didik belum optimal | - Mengupayakan peningkatan kegiatan ektrakurikuer |
- STANDAR PENGELOLAAN
No | PERTANYAAN | BUKTI FISIK | MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA | ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA |
| 6.1 Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kinerja tim dan kemitraan yang kuat dengan misi visi yang jelas dan diketahui oleh semua fihak | - RAPBM - RKM - KTSP - Daftar hadir rapat wali murid | - Pada umumnya tiem dan mitra kerja madrasah belum menunjukkan koordinasi dan etos kerja konfrehensif | - Dibiasakan mengadakan pertemuan secara rutin sesuai dengan jadual program kerja madrasah |
| 6.2 Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai | - Daftar hadir rapat revisi KTSP | - Kesulitan dalam penyusunan dokuen KTSP | - Mendatangkan narasumber untuk membimbing dalam penyusunan KTSP yang lebih signifikan |
| 6.3 Dampak rencana pengembanagan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar | - Buku Rapor Siswa - Nilai Nem Siswa kelas 6 | - Perolehan nilai pada setiap ujian sebagian kecil masih dibawah KKM | - Mengadakan remidi bagi siswa yang nilainya belum memenuhi standar KKM |
| 6.4 Bagaimana cara mengumpulkan dan penggunaan data yang handal dan falid | - File - Angket | - Belum semua dokumen difilekan | - Mengoptimalkan tenaga kependidikan untuk berwawancara pada semua personalia madrasah melalui forum rapat untuk mempermudah melacak data, maka diperlukan perngarsipan bank data yang lebih baik |
| 6.5 Bagaimana cara mendukung dan memberi kesempatan pengembanganprofesi bagi para pendidik dan tenaga pendidik | - Piagam Workshop - STTB - Rapat KKM - Sertifikasi - Fortopolio | - Belum maksimal tenaga pendidik dan kependidikan dalam mengembangkan profesi | - Mengikutsertakan tenaga pendidik dan kependidikan dalam forum pelatihan, workshop, seminar, dan pertemuan-pertemuan KKM/KKG |
| 6.6 Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah | - Kotak Saran Foto kegiatan masyarakat yang bersama-sama dengan MI | - Masyarkat Secara umum sudah berperan aktif namun kepeduliannya belum maksimal | - Memberikan informasi tentag peran pentingnya masyarakat dalam kancah pengembangan pendidikan madrasah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar