Jumat, 12 Agustus 2011

DIANOSIS MASALAH DAN ALTERNATIF MENGATASINYA (EDS)


DIAGNOSIS MASALAH DAN ALTERNATIF MANGATASINYA

  1. STANDAR SARANA PRASARANA
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA








1
1.1  Apakah arena sekolah sudah memadai?


















1.2  Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dengan baik



-          Ruang Kelas 1 s/d 3 @ (7x8) m2 Ruang kelas 4 s/d 6 @ (7 x 6) m2
-          Ruang Guru (4x6) m2
-          Ruang Perpustakaan + UKS (4 x 5) m2
-          2 Ruang MCK @ (1,5 x 2) m2
-          Ruang Kepala Madrasah  (4 x 5) m2
-          Ruang Gudang 1,5 x 2) m2
-          Ruang Musholla (5 x 7) m2
-          Tempat Bermain dan Olahraga 200 m2




-          Buku inventaris

-          1 Ruang kelas belum standar nasional
-          Ruang guru sudah ada tetapi belum standar ukuran nasional (7 x 8)
-          Ruang perpustakaan dan UKS masing menggabung dan belum memenuhi standar
-          Ruang WC kurang 1
-          Ruang Kepala Madrasah sudah ada namun belum memenuhi standar
-          Ruang gudang sudah ada namun belum memenuhi standar
-          Ruang Musholla sudah ada namun keberadaannya masih menggabung dengan pondok pesantren







-          Tidak ada petugas khusus


-          Mengadakan renovasi
-          Pengurus mengajukun permohonan bantuan terhadap pihak yang terkait
-          Koordinasi dengan pengurus dan diadakan renovasi ulang
-          Mengajukan usulan dana untuk pengembangan fisik
-          Diadakan pengembangan












-          Pengadaan pegawai baru

  1. STANDAR ISI
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA






2
2.1 Apakah kurikulum sesuai dan memadai













-          KTSP Dokumen 1
-          KTSP Dokumen 2

-          Lengkap (tidak ada masalah)
-          Pembuatan RPP masih belum sempurna terutama pada penataannya
-
-          Pembinaan dan pelatiahan

2.2  Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik




-          Program Kerja Kegiatan Pramuka
-          Program Kerja Kegiatan Tilawah
-          Program Kerja Kegiatan Beladiri
-     Jadwal Kegiatan dan Daftar Hadir

-      Kegiatan telah dilaksanakan tapi program, jadwal, dan daftar hadir belum dibuat
-          Pembinaan dan koordinasi dengan pihak yang terkait



  1. STANDAR PROSES
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA



3.1  Apa silabus dan RPP sudah relevan
-          Silabus dan RPP
-          Secara keseluruhan RPP sudah dibuat, namun untuk kelas 1 perlu ada perbaikan

-          Berusaha mencari refrensi dan koordinasi dengan pengawas


3.2  Apakah RPP direncanakan untuk pembelajaran efektif

-          RPP
-          RPP Hasil Perbaikan

-          Pelaksanaan RPP tidak sesuai dengan kalender pendidikan

-          Merelevansikan RPP dengan Kalender Pendidikan


3.3  Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses secara tepat

-          Buku Pegangan Guru
-          Buku Penunjang Guru
-          Buku Refrensi
-          RPP
-          Sarana ada namun kurang memadai

-          Mengalokasikan dana khusus untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana belajar siswa


3.4  Apakah pembelajaran menerapkan PAKEM/CTL ?

RPP
Jurnal Guru dan Siswa
Instrumen Supervisi
-          Pada umumnya jurnal sudah dibuat namun pengelolaannya belum maksimal

-          Memberikan motifasi kepada guru dan menganjurkannya untuk selalu mengkondisikan jurnal dengan sebaik-baiknya


3.5  Apakah sekolah memenuhi semua kebutuhan peserta didik


Peralatan Olahraga
Buku Nilai
Buku Rapor Siswa
Absensi Siswa
-          Kurangnya perawatan terhadap inventaris yang sudah ada
-          Kurangnnya peralatan
-          Membentuk tenaga khusus untuk merawat inventaris madrasah
-          Mengalokasikan dana

3.6  Bagamana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi
Brosur
Piagam dan Tropi Prestasi Siswa
-          Sebagian kecil masyarakat kurang mendukung terhadap keberadaan madrasah
-          Kurangnya peran serta wali murid
-          Mengadakan pendakatan
-          Mengkondisikan peran serta wali murid dengan membentuk paguyuban kelas
  1. STANDAR PENILAIAN
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA



4.1  Sistim apakah yang sudah tersedia utuk memberi penilaian bagi peserta didik baik biang akademik maupun nonakademik


-          Ulangan Harian
-          Ulangan Tengan Semester
-          Ulangan Semester
-          UAS-BN
-          Buku Rapor
-          Ada sebagian kecil siswa yang nilainya kurang dari KKM

-          Mengadakan jam tambahan


4.2  Bagaimana penilaian berdampak pada proses pembalajaran ?

Kenaikan Kelas
Kelulusan Siswa
-          Peserta didik terutama yang kelas rendah ada sebagian kecil ada yang dibawah umur sehingga tidak dapat menangkap pelajaran yang diajarkan
-          Pengadaan Tenaga pendidik baru khusus untuk peserta didik yang dibawah umur




4.3  Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses pembalajaran

Paguyuban Kelas
-          Kurangnya peran aktif wali murid dalam mendukung kegiatan pembelajaran

-          Mengadakan pertemuan untuk menginformasikan kepada wali murid tentang pentingnya peran aktif wali murid dalam proses pembelajaran










  1. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA



5.1  Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis
-          Hasil Ujian Akhir
-          Buku Rapor
-          Kohort Siswa
-          Pada umumnya perolehan nilai AMBN belum memuaskan
-          Data statistik jarang terisi
-          Diadakan pendalaman materi
-          Mengintensifkan pengisian data

5.2  Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai angota masyarakat

-          Buku Monitoring
-          Catatan Prestasi Siswa
-          Pengembangan peserta didik belum optimal

-          Mengupayakan peningkatan kegiatan ektrakurikuer



  1. STANDAR PENGELOLAAN
No
PERTANYAAN
BUKTI FISIK
MASALAH POTENSIAL DARI ANALISIS BUKTI YANG ADA
ALTERNATIF SARAN MENGATASINYA



6.1  Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kinerja tim dan kemitraan yang kuat dengan misi visi yang jelas dan diketahui oleh semua fihak

-          RAPBM
-          RKM
-          KTSP
-          Daftar hadir rapat wali murid
-          Pada umumnya tiem dan mitra kerja madrasah belum menunjukkan koordinasi dan etos kerja konfrehensif

-          Dibiasakan mengadakan pertemuan secara rutin sesuai dengan jadual program kerja madrasah


6.2  Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai

-          Daftar hadir rapat revisi KTSP
-          Kesulitan dalam penyusunan dokuen KTSP

-          Mendatangkan narasumber untuk membimbing dalam penyusunan KTSP yang lebih signifikan


6.3  Dampak rencana pengembanagan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar


-          Buku Rapor Siswa
-          Nilai Nem Siswa kelas 6
-          Perolehan nilai pada setiap ujian sebagian kecil masih dibawah KKM

-          Mengadakan remidi bagi siswa yang nilainya belum memenuhi standar KKM


6.4  Bagaimana cara mengumpulkan dan penggunaan data yang handal dan falid


-          File
-          Angket
-          Belum semua dokumen difilekan

-          Mengoptimalkan tenaga kependidikan untuk berwawancara pada semua personalia madrasah melalui forum rapat untuk mempermudah melacak data, maka diperlukan perngarsipan bank data yang lebih baik


6.5  Bagaimana cara mendukung dan memberi kesempatan pengembanganprofesi bagi para pendidik dan tenaga pendidik


-          Piagam Workshop
-          STTB
-          Rapat KKM
-          Sertifikasi
-          Fortopolio
-          Belum maksimal tenaga pendidik dan kependidikan dalam mengembangkan profesi



-          Mengikutsertakan tenaga pendidik dan kependidikan dalam forum pelatihan, workshop, seminar, dan pertemuan-pertemuan KKM/KKG


6.6  Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah
-          Kotak Saran
Foto kegiatan masyarakat yang bersama-sama dengan MI
-          Masyarkat Secara umum sudah berperan aktif namun kepeduliannya belum maksimal

-          Memberikan informasi tentag peran pentingnya masyarakat dalam kancah pengembangan pendidikan madrasah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar