INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
(UMUM UNTUK SEMUA MATA
PELAJARAN)
Nama Sekolah/Madrasah :
..................................................................
Alamat :………………………………... ...............
Status Akreditasi :
................................................................
Nama Guru :
.................................................................
Mata Pelajaran :
..................................................................
Kelas/Semester :
..................................................................
Hari/Tanggal/jam ke :
,................................................................
Topik / Tema :
,................................................................
Jumlah siswa :
..... orang , hadir :
.......orang , tidak hadir ........orang
NO
|
KEGIATAN/KONDISI
|
SKOR
|
CATATAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
PERSIAPAN
|
|||||
1
|
Program Tahunan
|
|||||
2
|
Program Semester
|
|||||
3
|
Silabus dan Sistem Penilaian
|
|||||
4
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
|
|||||
5
|
Buku Nilai memuat semua tagihan
yang telah dilakanakan .
|
|||||
JUMLAH SKOR PERSIAPAN
|
||||||
II
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|||||
A
|
PENDAHULUAN
|
|||||
1
|
Memeriksa kesiapan siswa
|
|||||
2
|
Kesiapan alat bantu dan media
pembelajaran
|
|||||
3
|
Memberikan apersepsi dan
motivasi
|
|||||
4
|
Memberitaukan Kompetensi Dasar
dan Topik pembelajaran
|
|||||
5
|
Kesiapan bahan ajar
|
|||||
JUMLAH SKOR PENDAHULUAN
|
.
|
|||||
B
|
KEGIATAN POKOK
|
|||||
Penguasaan Materi Pemelajaran
|
||||||
1
|
Menguasai materi pembelajaran
|
|||||
2
|
Mengaitkan materi dengan
pegetahuan lain yang relevan
|
|||||
3
|
Menyampaikan materi dengan
jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
|
|||||
4
|
Mengaitkan materi dengan
realitas kehidupan.
|
|||||
Pendekatan/Strategi Pembelajaran
|
||||||
1
|
Melksanakan pembelajaan sesuai
dengan kompetensi(tuuan) yang akan dicapai.
|
|||||
2
|
Melaksanakan pembelajaran
secara runtut
|
|||||
3
|
Menguasai kelas/pengelolaan
kelas.
|
|||||
4
|
Melaksanakan pembelajaran
secara kontekstual.
|
|||||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,prakarsa,kreativitas dan
kemandirian.
|
|||||
6
|
Melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan alokasi waktu
|
|||||
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran
|
||||||
1
|
Menggunakan media secara
efektif dan efisien
|
|||||
2
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
|||||
3
|
Melibatkan siswa dalam
pemanfaatan media
|
|||||
Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa
|
||||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif
siswa dalam pembelajaran
|
|||||
2
|
Menunjukan sikap terbuka
terhadap respon siswa
|
|||||
3
|
Menumbuhkan keceriaan dan
antusias siswa dalam belajar.
|
|||||
Penilaian Proses dan hasil belajar
|
||||||
1
|
Memantau kemajuan belajar
selama proses
|
|||||
2
|
Melakukan penilaian akhir
sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
|||||
Penggunaan bahasa
|
||||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan dan
tulis secara jelas,baik dan benar.
|
|||||
2
|
Menyampaikan pesan dengan gaya
yang sesuai
|
|||||
JUMLAH SKOR KEGIATAN POKOK
|
||||||
C
|
PENUTUP
|
|||||
1
|
Melakukan refleksi
|
|||||
2
|
Melaksanakan tindak lanjut
dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi dan
pengayaan
|
|||||
3
|
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|||||
JUMLAH SKOR PENUTUP
|
.
|
|||||
SKOR TOTAL
|
S =........
|
|||||
PENGOLAHAN NILAI = (S / 132) X 100 = ............
|
KETERANGAN : 86 – 100 : AMAT
BAIK (A)
71 –
85 :
BAIK (B)
56 –
70 :
CUKUP (C)
< 56 : KURANG
(D)
KESAN UMUM :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
SARAN :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
Banyuwangi , ......................................
Mengetahui
Kepala sekolah/Madrasah , Guru Mata
Pelajaran/Kelas , Penyelia/Pengawas,
__________________
______________________
__________________
PEDOMAN PENSKORAN
SUPERVISI
AKADEMIK
No
|
Kegiatan
|
Penjelasan
|
Skor
|
I
|
PERSIAPAN :
|
||
1
|
Program Tahunan
|
Kesesuaian penyusunan Program
Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100%
|
4
|
Kesesuaian penyusunan Program
Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 71% -85 %
|
3
|
||
Kesesuaian penyusunan Program
Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 %
|
2
|
||
Kesesuaian penyusunan Program
Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase
< 56 %
|
1
|
||
2
|
Program Semester
|
Kesesuaian penyusunan Program
Semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100%
|
4
|
Kesesuaian penyusunan Program
semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 71 %
- 85 %
|
3
|
||
Kesesuaian penyusunan Program
semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 %
|
2
|
||
Kesesuaian penyusunan Program
semester berdasarkan hasil analisis
waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase
< 56 %
|
1
|
||
3
|
Silabus dan Penilaian
|
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
prosentase 86 % - 100 %
|
4
|
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik
siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase 71 % - 85 %
|
3
|
||
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
prosentase 56 % -70 %
|
2
|
||
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
prosentase < 56 %
|
1
|
||
4
|
Rencana Pelakanaan Pembelajaran
|
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media
pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
hasil belajar siswa,dengan prosentase 86 % - 100 %
|
4
|
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media
pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
hasil belajar siswa,dengan prosentase, 71 % - 85 %
|
3
|
||
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemilihan sumber belajar/media
pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
hasil belajar siswa,dengan prosentase 56 % - 70 %
|
2
|
||
Kesesuaian pengembangan RPP dalam
perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan
ajar) ,pemilihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan
pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase <
56 %
|
1
|
||
5
|
Buku nilai yang memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan
|
Kesesuaian tehnik penilaian dengan tujuan pembelajaran pada buku nilai
yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang
dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
86% - 100%
|
4
|
Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan
dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan
indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
71% - 85%
|
3
|
||
Kelengkapan buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian
pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan
menggunakan berbagai bentuk tes tulis
dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan
prosentase 56% - 70%
|
2
|
||
Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan
dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan
indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
< 56%
|
1
|
||
II
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN.
|
||
A
|
PENDAHULUAN
|
||
1
|
Memeriksa kesiapan siswa.
|
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 86% - 100%
|
4
|
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 71% - 85%
|
3
|
||
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 56% - 70%
|
2
|
||
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase < 56%
|
1
|
||
2
|
Kesiapan Alat Bantu & media
Pembelajaran
|
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
prosentase 86% - 100 %
|
4
|
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
prosentase 71% - 85%
|
3
|
||
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
prosentase 56% - 70 %
|
2
|
||
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, denangan
prosentase < 56%
|
1
|
||
3
|
Memberi appersepsi dan motivasi
|
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
akan diajarkan ,dengan prosentase 86% - 100%
|
4
|
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
akan diajarkan,dengan prosentase 71% - 85%
|
3
|
||
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
akan diajarkan,dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
akan diajarkan, dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
4
|
Memberitahukan Kompetensi Dasar dan topik pembelajaran
|
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 86% - 100%
|
4
|
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 71% - 85%
|
3
|
||
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 56% - 70%
|
2
|
||
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , < 56%
|
1
|
||
5
|
Kesiapan bahan ajar
|
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
B
|
KEGIATAN POKOK
|
||
PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN
|
|||
1
|
Menguasai materi pembelajaran
|
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
penjabaran dari kompetensi dasar dan
indikator , dengan prosentase,
86% - 100 %
|
4
|
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran
dari kompetensi dasar dan indikator ,
dengan prosentase
71% - 85%
|
3
|
||
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
penjabaran dari kompetensi dasar dan
indikator , dengan prosentase,
56% - 70%
|
2
|
||
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
penjabaran dari kompetensi dasar dan
indikator , dengan prosentase,
< 56%
|
1
|
||
2
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
3
|
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki .
|
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
4
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
PENDEKATAN/
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai , dengan prosentase ,
86% - 100%
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai , dengan prosentase,
71% - 85%
|
3
|
||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai , dengan prosentase,
56% - 70%
|
2
|
||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
dicapai , dengan prosentase,<56%
|
1
|
||
2
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 71 % - 85%
|
3
|
||
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 56% - 85%
|
2
|
||
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, <56%
|
1
|
||
3
|
Menguasai kelas / pengelolaan kelas.
|
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
4
|
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual.
|
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
pembelajaran dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
pembelajaran dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
pembelajaran dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
pembelajaran dengan prosentase, <56%
|
1
|
||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase , 86% -
100%
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 71% -
85%
|
3
|
||
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 56% -
70%
|
2
|
||
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, <56%
|
1
|
||
6
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.,dengan prosentase, 86% - 100%
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.,dengan prosentase, 71% - 85 %
|
3
|
||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.,dengan prosentase, 56% - 70%
|
2
|
||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.,dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran.
|
|||
1
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien .
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 86% -
100%
|
4
|
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 71% -
85%
|
3
|
||
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase 56% - 70%
|
2
|
||
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase < 56%
|
1
|
||
2
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
prosentase
86% - 100%
|
4
|
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
prosentase,
71% - 85%
|
3
|
||
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
prosentase,
56% - 70%
|
2
|
||
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
prosentase, <56%
|
1
|
||
3
|
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media .
|
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase ,86% - 100%
|
4
|
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 71% - 85%
|
3
|
||
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 56% - 85%
|
2
|
||
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, < 56%
|
1
|
||
Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa
|
|||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran .
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase
86% -100%
|
4
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
prosentase,71% - 85%
|
3
|
||
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
prosentase,56% - 70%
|
2
|
||
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
prosentase, < 56%
|
1
|
||
2
|
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa
|
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase , 86%
- 100%
|
4
|
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 71% -
85 %
|
3
|
||
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 56% -
70%
|
2
|
||
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase ,<
56%
|
1
|
EEKnya kok tidak dinampakkan dg jelas, mengapa ?
BalasHapus