Kamis, 05 April 2012

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

(UMUM UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
Nama Sekolah/Madrasah        : ..................................................................
Alamat                                    :………………………………... ...............
Status Akreditasi                     :   ................................................................
Nama Guru                             :  .................................................................
Mata Pelajaran                        : ..................................................................
Kelas/Semester                       : ..................................................................
Hari/Tanggal/jam ke                 : ,................................................................
Topik / Tema                           : ,................................................................
Jumlah siswa                           : ..... orang  , hadir : .......orang , tidak hadir ........orang


NO
KEGIATAN/KONDISI
SKOR
CATATAN
1
2
3
4
I
PERSIAPAN





1
Program Tahunan





2
Program Semester





3
Silabus dan Sistem Penilaian





4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)





5
Buku Nilai memuat semua tagihan yang telah dilakanakan .






JUMLAH SKOR PERSIAPAN





II
KEGIATAN PEMBELAJARAN





A
PENDAHULUAN





1
Memeriksa kesiapan siswa





2
Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran





3
Memberikan apersepsi dan motivasi





4
Memberitaukan Kompetensi Dasar dan Topik pembelajaran





5
Kesiapan bahan ajar






JUMLAH SKOR PENDAHULUAN




.
B
KEGIATAN POKOK






Penguasaan Materi Pemelajaran





1
Menguasai materi pembelajaran





2
Mengaitkan materi dengan pegetahuan lain yang relevan





3
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar





4
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.






Pendekatan/Strategi Pembelajaran





1
Melksanakan pembelajaan sesuai dengan kompetensi(tuuan) yang akan dicapai.





2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut





3
Menguasai kelas/pengelolaan kelas.





4
Melaksanakan pembelajaran secara kontekstual.





5
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,prakarsa,kreativitas dan kemandirian.





6
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu






Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran





1
Menggunakan media secara efektif dan efisien





2
Menghasilkan pesan yang menarik





3
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media






Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa





1
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran





2
Menunjukan sikap terbuka terhadap respon siswa





3
Menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar.






Penilaian Proses dan hasil belajar





1
Memantau kemajuan belajar selama proses





2
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)






Penggunaan bahasa





1
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas,baik dan benar.





2
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai






JUMLAH SKOR KEGIATAN POKOK





C
PENUTUP





1
Melakukan refleksi





2
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi dan pengayaan





3
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya






JUMLAH SKOR PENUTUP




.

SKOR TOTAL




S =........

PENGOLAHAN NILAI =  (S / 132) X 100 = ............







KETERANGAN :  86 – 100  :  AMAT BAIK (A)
                                71 – 85   :   BAIK              (B)
                                56 – 70   :   CUKUP          (C)
                                    < 56   :    KURANG      (D)
KESAN UMUM  :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
SARAN :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................

                                                                                  Banyuwangi , ......................................
Mengetahui
Kepala sekolah/Madrasah ,                     Guru Mata Pelajaran/Kelas ,         Penyelia/Pengawas,



__________________                       ______________________         __________________



PEDOMAN  PENSKORAN
SUPERVISI AKADEMIK

No
Kegiatan
Penjelasan
Skor
I
PERSIAPAN :


1
Program Tahunan
Kesesuaian  penyusunan Program Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100%


4


Kesesuaian  penyusunan Program Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 71% -85 %


3


Kesesuaian  penyusunan Program Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 %


2


Kesesuaian  penyusunan Program Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase  
  < 56 %


1
2
Program Semester
Kesesuaian  penyusunan Program Semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100%


4


Kesesuaian  penyusunan Program semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 71 %  - 85 %


3


Kesesuaian  penyusunan Program semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 %


2


Kesesuaian  penyusunan Program semester  berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase
 < 56 %


1
3
Silabus dan Penilaian
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase 86 % - 100 %



4


Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase  71 % - 85 %



3


Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase 56  % -70 %



2


Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase  < 56 %



1
4
Rencana Pelakanaan Pembelajaran
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase 86 % - 100 %





4


Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase,  71 % - 85 %





3


Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemilihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase 56 % - 70 %



2


 Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemilihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase < 56 %





1
5
Buku nilai yang memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan
Kesesuaian tehnik penilaian dengan tujuan pembelajaran pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
86% - 100%



4


Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
 71% - 85%



3


Kelengkapan buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase 56% - 70%



2


Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase
< 56%




1
II
KEGIATAN PEMBELAJARAN.


A
PENDAHULUAN


1
Memeriksa kesiapan siswa.
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 86% - 100%


4


Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 71% - 85%

3


Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase 56% - 70%

2


Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui absensi, bahan ajar yang akan diajarkan,
Dengan prosentase < 56%

1
2
Kesiapan  Alat Bantu & media Pembelajaran
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan prosentase 86% - 100 %

4


Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan prosentase 71% - 85%
3


Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan prosentase 56% - 70 %
2


Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, denangan prosentase < 56%
1
3
Memberi appersepsi dan motivasi
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan ,dengan prosentase 86% - 100%

4


Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan,dengan prosentase 71% - 85%

3


Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan,dengan prosentase, 56% - 70%

2


Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan, dengan prosentase, < 56%

1
4
Memberitahukan Kompetensi Dasar dan topik pembelajaran
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 86% - 100%

4


Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 71% - 85%
3


Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 56% - 70%
2


Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , < 56%
1
5
Kesiapan bahan ajar
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 86% - 100%

4


Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 71% - 85%

3


Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 56% - 70%

2


Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, < 56%

1
B
KEGIATAN POKOK



PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN


1
Menguasai materi pembelajaran
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran dari kompetensi dasar dan  indikator , dengan prosentase,
86% - 100 %


4


Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran dari kompetensi dasar dan  indikator , dengan prosentase
71% - 85%


3


Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran dari kompetensi dasar dan  indikator , dengan prosentase,
56% - 70%


2


Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran dari kompetensi dasar dan  indikator , dengan prosentase,
< 56%


1
2
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100%

4


Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85%

3


Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70%

2


Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56%

1
3
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki .
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 86% - 100%

4


Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 71% - 85%

3


Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 56% - 70%

2


Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, < 56%

1
4
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100%

4


Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85%

3


Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70%

2


Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56%

1

PENDEKATAN/
STRATEGI PEMBELAJARAN


1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai , dengan prosentase ,
86% - 100%

4


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai , dengan prosentase,
71% - 85%

3


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai , dengan prosentase,
56% - 70%

2


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan dicapai , dengan prosentase,<56%

1
2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100%

4


Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 71 % - 85%

3


Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 56% - 85%

2


Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, <56%

1
3
Menguasai kelas / pengelolaan kelas.
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100%


4


Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 71% - 85%


3


Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 56% - 70%


2


Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, < 56%

1
4
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual.
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi pembelajaran dengan prosentase, 86% - 100%

4




Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi pembelajaran dengan prosentase, 71% - 85%

3


Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi pembelajaran dengan prosentase, 56% - 70%

2


Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi pembelajaran dengan prosentase, <56%

1
5
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase , 86% - 100%


4


Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 71% - 85%

3


Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 56% - 70%

2


Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, <56%

1
6
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.,dengan prosentase, 86% - 100%


4


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.,dengan prosentase, 71% - 85 %

3


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.,dengan prosentase, 56% - 70%

2


Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.,dengan prosentase, < 56%

1

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran.


1
Menggunakan media secara efektif dan efisien .
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 86% - 100%

4


Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 71% - 85%

3


Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase  56% - 70%

2


Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase  < 56%

1
2
Menghasilkan pesan yang menarik
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan prosentase
86% - 100%

4


Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan prosentase,
71% - 85%

3


Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan prosentase,
56% - 70%

2


Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan prosentase, <56%

1
3
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media .
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase ,86% - 100%

4


Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 71% - 85%
3


Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 56% - 85%
2


Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, <  56%
1

Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa


1
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran .
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase 86% -100%

4


Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase,71% - 85%
3


Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase,56% - 70%
2


Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase, < 56%
1
2
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase , 86% - 100%

4


Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 71% - 85 %
3


Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 56% - 70%
2


Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase ,< 56%
1

1 komentar: