INDIKATOR KOMPETENSI
OLEH. MOH.YANI, S.Ag,MM,M.Pd.I
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
1.
Mengenal
karakteristik anak didik
2.
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3.
Pengembangan
kurikulum
4.
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
5.
Memahami dan
mengembangkan potensi
6.
Komunikasi
dengan peserta didik
7.
Penilaian dan
evaluasi
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
8.
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
9.
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
10.
Etos kerja,
tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
KOMPETENSI SOSIAL
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
11.
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif
12.
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
KOMPETENSI PROFESIONAL
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
13.
Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu
14.
Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
1.
Menguasai
teori dan praksis pendidikan
2.
Mengaplikasikan
perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
3.
Menguasai
esensi pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
4.
Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME
5.
Menghargai dan
menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih
6.
Menunjukkan
integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
7.
Menampilkan
kenerja berkualitas tinggi
KOMPETENSI
PROFESIONAL
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
8.
Mengimplimentasikan
kolaborasi internal di tempat bekerja
9.
Berperan dalam
organisasi dan kegiatan profesi BK
10.
Mengimplimentasi
kolaborasi antar profesi
KOMPETENSI
SOSIAL
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
11.
Menguasai
konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan dan masalah
konseli
12.
Menguasai kerangka
teoritik dan praksis BK
13.
Merancang
program BK
14.
Mengimplementasikan
program BK yang komprehensif
15.
Menilai prses
dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling
16.
Memiliki
kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
17.
Menguasai
konsep dan praksis penelitian dalam BK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar