INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
(UMUM UNTUK SEMUA MATA
PELAJARAN)
Nama Sekolah/Madrasah        :
..................................................................
Alamat                                    :………………………………... ...............
Status Akreditasi                     :  
................................................................
Nama Guru                             : 
.................................................................
Mata Pelajaran                        :
..................................................................
Kelas/Semester                       :
..................................................................
Hari/Tanggal/jam ke                 :
,................................................................
Topik / Tema                           :
,................................................................
Jumlah siswa                           :
..... orang  , hadir :
.......orang , tidak hadir ........orang
NO  
 | 
  
KEGIATAN/KONDISI  
 | 
  
SKOR 
 | 
  
CATATAN 
 | 
 |||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
 |||
I 
 | 
  
PERSIAPAN 
 | 
  |||||
1 
 | 
  
Program Tahunan 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Program Semester  
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Silabus dan Sistem Penilaian  
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  (RPP) 
 | 
  |||||
5 
 | 
  
Buku Nilai memuat semua tagihan
  yang telah dilakanakan . 
 | 
  |||||
JUMLAH SKOR PERSIAPAN  
 | 
  ||||||
II 
 | 
  
KEGIATAN PEMBELAJARAN 
 | 
  |||||
A 
 | 
  
PENDAHULUAN  
 | 
  |||||
1 
 | 
  
Memeriksa kesiapan siswa 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Kesiapan alat bantu dan media
  pembelajaran 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Memberikan apersepsi dan
  motivasi 
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Memberitaukan Kompetensi Dasar
  dan Topik pembelajaran 
 | 
  |||||
5 
 | 
  
Kesiapan bahan ajar 
 | 
  |||||
JUMLAH SKOR PENDAHULUAN  
 | 
  
. 
 | 
 |||||
B 
 | 
  
KEGIATAN POKOK  
 | 
  |||||
Penguasaan Materi Pemelajaran  
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Menguasai materi pembelajaran 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan
  pegetahuan lain yang relevan 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Menyampaikan materi dengan
  jelas dan sesuai dengan hierarki belajar 
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan
  realitas kehidupan. 
 | 
  |||||
Pendekatan/Strategi Pembelajaran  
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Melksanakan pembelajaan sesuai
  dengan kompetensi(tuuan) yang akan dicapai. 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran
  secara runtut 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Menguasai kelas/pengelolaan
  kelas. 
 | 
  |||||
4 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran
  secara kontekstual. 
 | 
  |||||
5 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran yang
  memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat,minat,prakarsa,kreativitas dan
  kemandirian. 
 | 
  |||||
6 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran
  sesuai dengan alokasi waktu 
 | 
  |||||
Pemanfaatan sumber belajar / media pembelajaran 
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Menggunakan media secara
  efektif dan efisien 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Menghasilkan pesan yang menarik 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Melibatkan siswa dalam
  pemanfaatan media 
 | 
  |||||
Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa 
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Menumbuhkan partisipasi aktif
  siswa dalam pembelajaran 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Menunjukan sikap terbuka
  terhadap respon siswa 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Menumbuhkan keceriaan dan
  antusias siswa dalam belajar. 
 | 
  |||||
Penilaian Proses dan hasil belajar 
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Memantau kemajuan belajar
  selama proses 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Melakukan penilaian akhir
  sesuai dengan kompetensi (tujuan) 
 | 
  |||||
Penggunaan bahasa 
 | 
  ||||||
1 
 | 
  
Menggunakan bahasa lisan dan
  tulis secara jelas,baik dan benar. 
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Menyampaikan pesan dengan gaya
  yang sesuai 
 | 
  |||||
JUMLAH SKOR KEGIATAN POKOK 
 | 
  ||||||
C 
 | 
  
PENUTUP 
 | 
  |||||
1 
 | 
  
Melakukan refleksi  
 | 
  |||||
2 
 | 
  
Melaksanakan tindak lanjut
  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi dan
  pengayaan 
 | 
  |||||
3 
 | 
  
Menyampaikan rencana
  pembelajaran pada pertemuan berikutnya 
 | 
  |||||
JUMLAH SKOR PENUTUP  
 | 
  
. 
 | 
 |||||
SKOR TOTAL  
 | 
  
S =........ 
 | 
 |||||
PENGOLAHAN NILAI =  (S / 132) X 100 = ............ 
 | 
  ||||||
KETERANGAN :  86 – 100  :  AMAT
BAIK (A)
                                71 –
85   :  
BAIK              (B)
                                56 –
70   :  
CUKUP          (C)
                                   
< 56   :    KURANG     
(D)
KESAN UMUM  :
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
SARAN : 
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
                                                                                  Banyuwangi , ......................................
Mengetahui
Kepala sekolah/Madrasah ,                     Guru Mata
Pelajaran/Kelas ,         Penyelia/Pengawas,
__________________                      
______________________        
__________________
PEDOMAN  PENSKORAN
SUPERVISI
AKADEMIK
No  
 | 
  
Kegiatan  
 | 
  
Penjelasan  
 | 
  
Skor  
 | 
 
I 
 | 
  
PERSIAPAN : 
 | 
  ||
1 
 | 
  
Program Tahunan  
 | 
  
Kesesuaian  penyusunan Program
  Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian  penyusunan Program
  Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 71% -85 %  
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kesesuaian  penyusunan Program
  Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 % 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Kesesuaian  penyusunan Program
  Tahunan berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase   
  < 56 % 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Program Semester  
 | 
  
Kesesuaian  penyusunan Program
  Semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 86 % - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian  penyusunan Program
  semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 71 % 
  - 85 % 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kesesuaian  penyusunan Program
  semester berdasarkan hasil analisis waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan
  kondisi lingkungan dengan presentase 56 % - 70 % 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Kesesuaian  penyusunan Program
  semester  berdasarkan hasil analisis
  waktu,bahan ajar,karakteristik siswa dan kondisi lingkungan dengan presentase
   
 < 56 % 
 | 
  
1 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Silabus dan Penilaian  
 | 
  
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
  dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
  karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
  prosentase 86 % - 100 %  
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
  dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi, karakatetistik
  siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg prosentase  71 % - 85 % 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
  dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
  karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
  prosentase 56  % -70 %  
 | 
  
2 
 | 
 ||
Kesesuaian Pengembangan silabus dan system penilaian dg program tahunan
  dan program semester , kompetensi lintas kurikulum ,standar kompetensi,
  karakatetistik siswa , kondisi lingkungan dan karakteristik materi ajar, dg
  prosentase  < 56 % 
 | 
  
1 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Rencana Pelakanaan Pembelajaran  
 | 
  
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
  dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media
  pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
  hasil belajar siswa,dengan prosentase 86 % - 100 % 
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
  dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemiihan sumber belajar/media
  pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
  hasil belajar siswa,dengan prosentase,  71 % - 85 % 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kesesuaian pengembangan RPP dalam perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan
  dan pengorganisasian materi (bahan ajar) ,pemilihan sumber belajar/media
  pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan pembelajaran dan tehnik penilaian
  hasil belajar siswa,dengan prosentase 56 % - 70 % 
 | 
  
2 
 | 
 ||
 Kesesuaian pengembangan RPP dalam
  perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan dan pengorganisasian materi (bahan
  ajar) ,pemilihan sumber belajar/media pembelajaran,menyusun skenario/kegiatan
  pembelajaran dan tehnik penilaian hasil belajar siswa,dengan prosentase <
  56 % 
 | 
  
1 
 | 
 ||
5 
 | 
  
Buku nilai yang memuat semua tagihan yang telah dilaksanakan 
 | 
  
Kesesuaian tehnik penilaian dengan tujuan pembelajaran pada buku nilai
  yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang
  dilakukan berdasarkan indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
  analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase  
86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan
  dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan
  indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
  analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase 
 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kelengkapan buku nilai yang memuat berbagai tagihan dalam penilaian
  pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan indicator dengan
  menggunakan berbagai bentuk tes  tulis
  dan non tulis ,dilengkapi dengan analisis hasil ulangan harian, dengan
  prosentase 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Kesesuaian tehnik penilaian pada buku nilai yang memuat berbagai tagihan
  dalam penilaian pencapaian kompetensi dasar yang dilakukan berdasarkan
  indicator dengan menggunakan berbagai bentuk tes  tulis dan non tulis ,dilengkapi dengan
  analisis hasil ulangan harian, dengan prosentase  
< 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
II 
 | 
  
KEGIATAN PEMBELAJARAN. 
 | 
  ||
A 
 | 
  
PENDAHULUAN 
 | 
  ||
1 
 | 
  
Memeriksa kesiapan siswa. 
 | 
  
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
  absensi, bahan ajar yang akan diajarkan, 
Dengan prosentase 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
  absensi, bahan ajar yang akan diajarkan, 
Dengan prosentase 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
  absensi, bahan ajar yang akan diajarkan, 
Dengan prosentase 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Memeriksa kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui
  absensi, bahan ajar yang akan diajarkan, 
Dengan prosentase < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Kesiapan  Alat Bantu & media
  Pembelajaran  
 | 
  
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
  prosentase 86% - 100 % 
 | 
  
4 
 | 
 
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
  prosentase 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, dengan
  prosentase 56% - 70 % 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Memeriksa kesiapan ruangan, alat bantu, dan media pembelajaran, denangan
  prosentase < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Memberi appersepsi dan motivasi  
 | 
  
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
  akan diajarkan ,dengan prosentase 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
  akan diajarkan,dengan prosentase 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
  akan diajarkan,dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Memberkan appersepsi dan motivasi relevan dengan materi pembelajaran yang
  akan diajarkan, dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Memberitahukan Kompetensi Dasar dan topik pembelajaran 
 | 
  
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
  tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
  tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
  tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Memberitahukan Kompetensi dasar dan topik pembelajaran sesuai dengan yang
  tercantum pada silabus dan RPP, dengan prosentase , < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
5 
 | 
  
Kesiapan bahan ajar  
 | 
  
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
  yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
  yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
  yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Kesesuaian bahan ajar yang disiapkan dengan Kompetensi dasar/indikator
  yang tercantum pada silabus dan RPP,dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
B 
 | 
  
KEGIATAN POKOK 
 | 
  ||
PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN  
 | 
  |||
1 
 | 
  
Menguasai materi pembelajaran  
 | 
  
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
  penjabaran dari kompetensi dasar dan 
  indikator , dengan prosentase,  
86% - 100 % 
 | 
  
4 
 | 
 
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan penjabaran
  dari kompetensi dasar dan  indikator ,
  dengan prosentase  
71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
  penjabaran dari kompetensi dasar dan 
  indikator , dengan prosentase,  
56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menguasai materi pembelajaran yang akan diajarkan , yang merupakan
  penjabaran dari kompetensi dasar dan 
  indikator , dengan prosentase, 
< 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
  materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
  materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
  materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70%  
 | 
  
2 
 | 
 ||
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, sesuai dengan
  materi pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . 
 | 
  
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
  dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
  dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
  dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki . sesuai
  dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan. 
 | 
  
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
  pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
  pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
  pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan,yang relevan dengan materi
  pembelajaran yang diajarkan ,dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
PENDEKATAN/ 
STRATEGI PEMBELAJARAN  
 | 
  |||
1 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
  dicapai. 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
  dicapai , dengan prosentase , 
86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
  dicapai , dengan prosentase, 
71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
  dicapai , dengan prosentase,  
56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi(tujuan) yang akan
  dicapai , dengan prosentase,<56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran secara runtut. 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
  pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
  pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 71 % - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
  pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, 56% - 85% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran secara runtut, sesuai dengan prosedur
  pembelajaran pada RPP, dengan prosentase, <56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Menguasai kelas / pengelolaan kelas. 
 | 
  
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
  pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
  pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
  pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menguasai dan melakukan pengelolaam kelas ,disesuaikan dengan strategi
  pembelajaran yang tercantum pada RPP, dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
4 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual. 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
  pembelajaran dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
  pembelajaran dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
  pembelajaran dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran bersifat kontekstual yang relevan dengan materi
  pembelajaran dengan prosentase, <56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
5 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
  bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian. 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
  bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase , 86% -
  100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
  bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 71% -
  85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
  bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, 56% -
  70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan
  bakat,minat,pra-karsa,kreativitas dan kemandirian.,dengan prosetase, <56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
6 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. 
 | 
  
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
  direncanakan.,dengan prosentase, 86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
  direncanakan.,dengan prosentase, 71% - 85 % 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
  direncanakan.,dengan prosentase, 56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
  direncanakan.,dengan prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran. 
 | 
  |||
1 
 | 
  
Menggunakan media secara efektif dan efisien . 
 | 
  
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 86% -
  100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase , 71% -
  85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase  56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menggunakan media secara efektif dan efisien,dengan prosentase  < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Menghasilkan pesan yang menarik 
 | 
  
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
  prosentase  
86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
  prosentase, 
71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
  prosentase, 
56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menghasilkan pesan yang menarik, untuk memotivasi siswa , dengan
  prosentase, <56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
3 
 | 
  
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media . 
 | 
  
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase ,86% - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, 56% - 85% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media , dengan prosentase, <  56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
Pembelajaran yang memacu keterlibatan siswa 
 | 
  |||
1 
 | 
  
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran . 
 | 
  
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan prosentase
  86% -100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
  prosentase,71% - 85% 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
  prosentase,56% - 70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, dengan
  prosentase, < 56% 
 | 
  
1 
 | 
 ||
2 
 | 
  
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa  
 | 
  
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase , 86%
  - 100% 
 | 
  
4 
 | 
 
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 71% -
  85 % 
 | 
  
3 
 | 
 ||
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase, 56% -
  70% 
 | 
  
2 
 | 
 ||
Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa, dengan prosentase ,<
  56% 
 | 
  
1 
 | 
 
EEKnya kok tidak dinampakkan dg jelas, mengapa ?
BalasHapus