Minggu, 28 Oktober 2012

INSTRUMEN OBSERVASI KELAS


INSTRUMEN OBSERVASI KELAS

Nama Guru        :_____________________________________
Mata Pelajaran :_____________________________________
Tanggal            :_____________________________________
Sekolah            :_____________________________________
Alamat              :_____________________________________

I. Persiapan

ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET.




01
02
03
04
05
1. Program tahunan. memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan pembagian alokasi waktu selama satu tahun pelajaran sesuai dengan minggu efektif belajar.






2. Program semester. memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, pembagian alokasi waktu, dan rincian penyajian pada minggu-minggu tertentu selama satu semester sesuai dengan minggu efektif belajar.






3. Silabus. memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber belajar.






4. KKM untuk KD yang dibahas. Kriteria Ketuntasan Minimum untuk Kompetensi Dasar yang sedang dibahas > 75 dan sesuai dengan aturan perhitungan criteria tersebut, dan ditulis pada kolom keterangan nilai KKMnya.






5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Memuat tujuan dan kegiatan pembelajaran yang sistematis dan logis, serta melibatkan siswa secara aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran/indikator/KD,materi pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.






6. Buku nilai. berisi nilai-nilai siswa untuk semua penilaian yang telah dilaksanakan, baik untuk pengetahuan, praktik, maupun sikap.







II. Kegiatan Pembelajaran

ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
KET.




01
02
03
04
05
A. Pendahuluan


1.  Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran (Sumber Belajar).

Menyiapkan sumber belajar yang diperlukan secara lengkap






2.  Motivasi

a.  Mengawali pelajaran dengan ceria






b.  Menunjukkan kegunaan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dibahas dalam kehidupan sehari-hari atau    hubungannya dengan mata pelajaran yang lain,






c.   Memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan      keinginan      siswa      untuk memecahkannya









3. Apersepsi.

Mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.






4.  Kejelasan Kompetensi Dasar/ Indikator.

Menyampaikan    baik    lisan    maupun    tertulis KD/Indikator yang harus dikuasai siswa setelah selesai pembelajaran.






5.  Kesiapan bahan ajar (Sumber Belajar.

Menyiapkan bahan ajar, baik berupa buku teks, modul, kaset/cd pembelajaran, dsb.






B. Kegiatan Pokok

1.  Penguasaan Materi

a.  Mantap, percaya diri, dan tidak ragu-ragu  dalam menyajikan pembelajaran.






b.  Pertanyaan-pertanyaan   siswa   dijawab   dengan tepat.






c.   Kebenaran konsep-konsep yang disampaikan.






2.  Pengelolaan kelas.

a.  Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan guru






b.  Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi antarteman






c.  Terdapat kemudahan bagi siswa bahan ajar, dan alat-alat pembelajaran ( Sumber Belajar)






3.  Pengelolaan waktu.

a.  Menggunakan    waktu    sesuai    alokasi    yang disediakan.






b.  Waktu yang tersedia lebih banyak digunakan untuk kegiatan siswa dibandingkan dengan kegiatan guru






4.  Metode/pendekatan Pembelajaran

a.  Menggunakan   pendekatan   pembelajaran   yang berpusat pada siswa






b.  Langkah-langkah pembelajaran dilakukan secara tertib dan sistematis






c.   Kegiatan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi.






5.  Penggunaan alat bantu/ media pembelajaran

Terampil, efektif, dan efisien dalam menggunakan alat bantu/ media pembelajaran (Sumber Belajar) yang telah disiapkan






6.  Peran guru sebagai fasilitator

a.  Memberi kesempatan/ memfasilitasi siswa untuk melakukan   berbagai   kegiatan   dalam   upaya pencapaian indikator/kompetensi dasar.






b.  Selalu siap membantu siswa bila diperlukan.






7.  Teknik bertanya.

a.  Mengajukan pertanyaan kepada semua siswa,






b.  memberi waktu tunggu bagi siswa untuk berpikir






c.   Menghindari jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa untuk   menjawab






d.  Dalam menanggapi pertanyaan/ jawaban siswa, sikap guru  menunjukkan sabar mendengarkan sampai selesai    (tidak memotong pertanyaan/ jawaban siswa),






e.  Tidak       mencemooh       siswa       walaupun pertanyaan/jawaban siswa kurang tepat, dan tidak langsung menyalahkan pendapat siswa






f.   Memberi  penghargaan   pada  pertanyaan  yang berbobot/jawaban yang tepat






8.  Penggunaan papan tulis

a.  Menuliskan hal-hal yang segera dihapus, dan yang tidak dihapus sampai akhir pembelajaran,






b.  Menulis pokok-pokok penting saja






c.  Teknik menulis tidak membelakangi siswa.






9.  Interaksi guru - peserta didik

Hubungan guru dan siswa dalam pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati






10. Interaksi antar peserta didik

Hubungan antar siswa dalam pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati






11. Aktivitas peserta didik

Seluruh   siswa   aktif   melaksanakan   berbagai kegiatan pembelajaran






12. Sikap    dan    minat    peserta   didik   dalam pembelajaran

a.  Jumlah siswa yang hadir > 95 %






b.  Sebagian besar ( > 75%) siswa membawa buku pelajaran yang relevan.






c.  Sebagian besar (>75%) siswa tampak mencatat






13. Pencapaian KD/Indikator

Pertanyaan-pertanyaan guru yang berhubungan dengan  tujuan   pembelajaran/indikator/KD,   baik yang disampaikan selama pembelajaran maupun di akhir pembelajaran, sebagian besar        ( > 75%) dapat dijawab oleh siswa dengan baik.







C. Penutup

1.  Rangkuman

Siswa membuat rangkuman dibimbing oleh guru






2.  Tugas untuk pertemuan berikutnya

Guru memberikan tugas (PR/baca buku/mencari informasi, dsb) untuk pertemuan berikutnya.






TOTAL






Banyuwangi,
Mengetahui,                              Guru                                        Observer/ Pengawas
Ka. SD/MI……………………       Mapel…………………….                                                                       



_______________________        ___________________            MOH. YANI,S.Ag, MM,M.Pd.I
Nip.                                          Nip.                                         Nip. 19690725 199203 1 002


Catatan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar