INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
Nama Guru :_____________________________________
Mata Pelajaran :_____________________________________
Tanggal :_____________________________________
Sekolah :_____________________________________
Alamat :_____________________________________
I.
Persiapan
ASPEK
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET.
|
||||
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
|
1. Program
tahunan. memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan
pembagian alokasi waktu selama satu tahun pelajaran sesuai dengan minggu
efektif belajar.
|
|
|
|
|
|
|
2.
Program semester. memuat Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, pembagian alokasi waktu, dan rincian penyajian pada
minggu-minggu tertentu selama satu semester sesuai dengan minggu efektif
belajar.
|
|
|
|
|
|
|
3.
Silabus. memuat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi
Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber belajar.
|
|
|
|
|
|
|
4. KKM
untuk KD yang dibahas. Kriteria Ketuntasan Minimum
untuk Kompetensi Dasar yang sedang dibahas > 75 dan sesuai dengan aturan
perhitungan criteria tersebut, dan ditulis pada kolom keterangan nilai
KKMnya.
|
|
|
|
|
|
|
5.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Memuat tujuan dan kegiatan
pembelajaran yang sistematis dan logis, serta melibatkan siswa secara aktif
untuk mencapai tujuan pembelajaran/indikator/KD,materi pembelajaran, sumber
belajar, dan penilaian hasil belajar.
|
|
|
|
|
|
|
6. Buku
nilai. berisi nilai-nilai siswa untuk semua penilaian yang
telah dilaksanakan, baik untuk pengetahuan, praktik, maupun sikap.
|
|
|
|
|
|
|
II. Kegiatan Pembelajaran
ASPEK
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
KET.
|
||||
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
|
A.
Pendahuluan
|
|
|
||||
1. Kesiapan alat bantu dan media pembelajaran
(Sumber Belajar).
|
|
|||||
Menyiapkan sumber belajar yang
diperlukan secara lengkap
|
|
|
|
|
|
|
2. Motivasi
|
|
|||||
a. Mengawali pelajaran dengan ceria
|
|
|
|
|
|
|
b.
Menunjukkan kegunaan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dibahas dalam
kehidupan sehari-hari atau hubungannya
dengan mata pelajaran yang lain,
|
|
|
|
|
|
|
c.
Memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan siswa untuk memecahkannya
|
|
|
|
|
|
|
3.
Apersepsi.
|
|
|||||
Mengajukan pertanyaan mengenai
materi pelajaran yang lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.
|
|
|
|
|
|
|
4. Kejelasan Kompetensi Dasar/ Indikator.
|
|
|||||
Menyampaikan baik
lisan maupun tertulis KD/Indikator yang harus dikuasai
siswa setelah selesai pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
5. Kesiapan bahan ajar (Sumber Belajar.
|
|
|||||
Menyiapkan bahan ajar, baik
berupa buku teks, modul, kaset/cd pembelajaran, dsb.
|
|
|
|
|
|
|
B. Kegiatan Pokok
|
|
|||||
1. Penguasaan Materi
|
|
|||||
a. Mantap,
percaya diri, dan tidak ragu-ragu
dalam menyajikan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pertanyaan-pertanyaan siswa dijawab
dengan tepat.
|
|
|
|
|
|
|
c. Kebenaran konsep-konsep yang disampaikan.
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengelolaan kelas.
|
|
|||||
a.
Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan guru
|
|
|
|
|
|
|
b.
Terdapat kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi antarteman
|
|
|
|
|
|
|
c.
Terdapat kemudahan bagi siswa bahan ajar, dan alat-alat pembelajaran (
Sumber Belajar)
|
|
|
|
|
|
|
3. Pengelolaan waktu.
|
|
|||||
a.
Menggunakan waktu sesuai
alokasi yang disediakan.
|
|
|
|
|
|
|
b. Waktu
yang tersedia lebih banyak digunakan untuk kegiatan siswa dibandingkan dengan
kegiatan guru
|
|
|
|
|
|
|
4. Metode/pendekatan Pembelajaran
|
|
|||||
a.
Menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa
|
|
|
|
|
|
|
b.
Langkah-langkah pembelajaran dilakukan secara tertib dan sistematis
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kegiatan pembelajaran menggunakan metode yang bervariasi.
|
|
|
|
|
|
|
5. Penggunaan alat bantu/ media pembelajaran
|
|
|||||
Terampil, efektif, dan efisien
dalam menggunakan alat bantu/ media pembelajaran (Sumber Belajar) yang telah
disiapkan
|
|
|
|
|
|
|
6. Peran guru sebagai fasilitator
|
|
|||||
a. Memberi
kesempatan/ memfasilitasi siswa untuk melakukan berbagai
kegiatan dalam upaya pencapaian indikator/kompetensi
dasar.
|
|
|
|
|
|
|
b. Selalu siap membantu siswa bila diperlukan.
|
|
|
|
|
|
|
7. Teknik bertanya.
|
|
|||||
a. Mengajukan pertanyaan kepada semua siswa,
|
|
|
|
|
|
|
b. memberi waktu tunggu bagi siswa untuk
berpikir
|
|
|
|
|
|
|
c.
Menghindari jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa
untuk menjawab
|
|
|
|
|
|
|
d. Dalam
menanggapi pertanyaan/ jawaban siswa, sikap guru menunjukkan sabar mendengarkan sampai
selesai (tidak memotong pertanyaan/
jawaban siswa),
|
|
|
|
|
|
|
e.
Tidak mencemooh siswa walaupun pertanyaan/jawaban siswa
kurang tepat, dan tidak langsung menyalahkan pendapat siswa
|
|
|
|
|
|
|
f.
Memberi penghargaan pada
pertanyaan yang
berbobot/jawaban yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
8. Penggunaan papan tulis
|
|
|||||
a.
Menuliskan hal-hal yang segera dihapus, dan yang tidak dihapus sampai
akhir pembelajaran,
|
|
|
|
|
|
|
b. Menulis pokok-pokok penting saja
|
|
|
|
|
|
|
c. Teknik menulis tidak membelakangi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
9. Interaksi guru - peserta didik
|
|
|||||
Hubungan guru dan siswa dalam
pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati
|
|
|
|
|
|
|
10.
Interaksi antar peserta didik
|
|
|||||
Hubungan antar siswa dalam
pembelajaran tampak akrab dan saling menghormati
|
|
|
|
|
|
|
11.
Aktivitas peserta didik
|
|
|||||
Seluruh siswa
aktif melaksanakan berbagai kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
12. Sikap
dan minat peserta
didik dalam pembelajaran
|
|
|||||
a. Jumlah siswa yang hadir > 95 %
|
|
|
|
|
|
|
b.
Sebagian besar ( > 75%) siswa membawa buku pelajaran yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
c. Sebagian besar (>75%) siswa tampak
mencatat
|
|
|
|
|
|
|
13.
Pencapaian KD/Indikator
|
|
|||||
Pertanyaan-pertanyaan guru yang
berhubungan dengan tujuan pembelajaran/indikator/KD, baik yang disampaikan selama pembelajaran
maupun di akhir pembelajaran, sebagian besar ( > 75%) dapat dijawab oleh siswa
dengan baik.
|
|
|
|
|
|
|
C. Penutup
|
|
|||||
1. Rangkuman
|
|
|||||
Siswa membuat rangkuman dibimbing oleh guru
|
|
|
|
|
|
|
2. Tugas untuk pertemuan berikutnya
|
|
|||||
Guru memberikan tugas (PR/baca
buku/mencari informasi, dsb) untuk pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
|
|
|
|
Banyuwangi,
Mengetahui, Guru Observer/ Pengawas
Ka. SD/MI…………………… Mapel…………………….
_______________________ ___________________ MOH. YANI,S.Ag, MM,M.Pd.I
Nip. Nip. Nip. 19690725 199203 1 002
Catatan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar