INSTRUMEN PENILAIAN
(KEMAMPUAN MENYUSUN RPP)
Nama Madrasah :
Alamat Madrasah :
Nama Guru :
N I P :
Pangkat/Golongan :
Mengajar di Kelas :
Bidang Studi :
Standar Kompetensi :
Pemeriksaan ke :
..........Bulan.......................Tahun 20......../20........
Penilaian : ( Lingkarilah skor yang
sesuai dengan deskriptor yang teramati)
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
DESKRIPTOR
|
SKOR
|
1
|
Kemampuan
merumuskan tujuan pembelajaran
|
1. Rumusan tujuan pembelajaran
menyebutkan subjek belajar
2. Rumusan tujuan pembelajaran
dalam bentuk tingkah laku peserta didik dengan menggunakan kata kerja yang
operasional
3. Rumusan tujuan pembelajaran
menyantumkan dalam kondisi yang bagaimana tingkah laku diwujudkan
4. Rumusan tujuan pembelajaran
menyatakan kreteria keberhasilan
|
1 2
3 4
|
2
|
Kemampuan
mengorganisasikan bahan pembelajaran
|
1. Bahan pelajaran
dicantumkan sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Bahan pelajaran
dicantumkan dengan penjabaran secara singkat dan relevan dengan tujuan pembelajaran
3. Bahan pelajaran
dicantumkan dengan penjabaran secara sistematis dan relevan dengan tujuan pembelajaran
4. Bahan pelajaran
dicantumkan sesuai dengan kaedah ilmiah
|
1 2
3 4
|
3
|
Kemampuan
menentukan strategi mengajar
|
1. Merumuskan strategi
mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Menyantumkan lebih
dari dua metode mengajar
3. Strategi yang
dicantumkan melibatkan siswa
4. Menyantumkan
strategi mengajar yang ada unsur CTL, QT, dan PAKEM
|
1 2
3 4
|
4
|
Kemampuan
menentukan langkah-langkah mengajar
|
1. Menyantumkan
langkah-langkah mengajar (Kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir).
2. Langkah-langkah
yang dicantumkan menggambarkan pola interaksi (pelibatan peserta didik) yang
variatif.
3. Menyantumkan
langkah-langkah mengajar secara sistematis dan prosedural
4. Langkah-langkah
yang dicantumkan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4
|
5
|
Kemampuan
menentukan alokasi waktu
|
1. Menyantumkan
alokasi waktu
2. Menyantumkan
alokasi waktu secara proporsional
3. Menentukan alokasi
waktu untuk kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir
4. Alokasi waktun yang
ditentukan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4
|
6
|
Kemampuan
menentukan sumber, media, dan alat
|
1. Menentukan sumber
belajar yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
2. Menentukan media pembelajaran
yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
3. Menentukan LKS/hand
out yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
4. Mengunakan lebih
dari satu sumber dan media pembelajaran yang cocok untuk mencapai KD,
indikator, atau tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4
|
7
|
Kemampuan
menentukan bentuk, prosedur, dan alat penilaian
|
1. Menentukan bentuk
penilaian yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau
tujuan pembelajaran
2. Menyantumkan lebih
dari satu jenis penilaian
3. Menyantumkan bentuk
penilaian kelas
4. Mengembangkan
instrumen penilaian dan rubriknya sesuai dengan bentuk penilaian yang dipilih
yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
yang telah ditentukan
|
1 2
3 4
|
|
Skor maksimal
ideal = 28
|
Skor yang diperoleh guru =
|
|
|
Nilai maksimal = 100
Skor yang diperoleh
Nilai yang diperoleh =
x 100 = .........................
28
|
Simpulan :
...............................................................................................................
Saran :
...............................................................................................................
Banyuwnagi
Mengetahui Pemeriksa,
Kepala Madrasah
_________________
MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I
Terimakasih sangat membantu izin Copas Pak
BalasHapus