Minggu, 28 Oktober 2012

Instrumen Penilaian Kemampuan Guru Menyusun RPP


INSTRUMEN PENILAIAN
(KEMAMPUAN MENYUSUN RPP)

Nama Madrasah          :
Alamat Madrasah        :
Nama Guru                 :
N I P                           :
Pangkat/Golongan      :
Mengajar di Kelas       :
Bidang Studi               :
Standar Kompetensi   :
Pemeriksaan ke           : ..........Bulan.......................Tahun 20......../20........
Penilaian                      : ( Lingkarilah skor yang sesuai dengan deskriptor yang teramati)

NO
ASPEK YANG DINILAI
DESKRIPTOR
SKOR
1
Kemampuan merumuskan tujuan pembelajaran
1.      Rumusan tujuan pembelajaran menyebutkan subjek belajar
2.      Rumusan tujuan pembelajaran dalam bentuk tingkah laku peserta didik dengan menggunakan kata kerja yang operasional
3.      Rumusan tujuan pembelajaran menyantumkan dalam kondisi yang bagaimana tingkah laku diwujudkan
4.      Rumusan tujuan pembelajaran menyatakan kreteria keberhasilan
1   2   3   4
2
Kemampuan mengorganisasikan bahan pembelajaran
1.      Bahan pelajaran dicantumkan sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Bahan pelajaran dicantumkan dengan penjabaran secara singkat dan relevan dengan tujuan pembelajaran
3.      Bahan pelajaran dicantumkan dengan penjabaran secara sistematis dan relevan dengan tujuan pembelajaran
4.      Bahan pelajaran dicantumkan sesuai dengan kaedah ilmiah
1   2   3   4
3
Kemampuan menentukan strategi mengajar
1.      Merumuskan strategi mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Menyantumkan lebih dari dua metode mengajar
3.      Strategi yang dicantumkan melibatkan siswa
4.      Menyantumkan strategi mengajar yang ada unsur CTL, QT, dan PAKEM
1   2   3   4
4
Kemampuan menentukan langkah-langkah mengajar
1.      Menyantumkan langkah-langkah mengajar (Kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir).
2.      Langkah-langkah yang dicantumkan menggambarkan pola interaksi (pelibatan peserta didik) yang variatif.
3.      Menyantumkan langkah-langkah mengajar secara sistematis dan prosedural
4.      Langkah-langkah yang dicantumkan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran

1   2   3   4
5
Kemampuan menentukan alokasi waktu
1.      Menyantumkan alokasi waktu
2.      Menyantumkan alokasi waktu secara proporsional
3.      Menentukan alokasi waktu untuk kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir
4.      Alokasi waktun yang ditentukan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran

1   2   3   4
6
Kemampuan menentukan sumber, media, dan alat
1.      Menentukan sumber belajar yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
2.      Menentukan media pembelajaran yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
3.      Menentukan LKS/hand out yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
4.      Mengunakan lebih dari satu sumber dan media pembelajaran yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran

1   2   3   4
7
Kemampuan menentukan bentuk, prosedur, dan alat penilaian
1.      Menentukan bentuk penilaian yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
2.      Menyantumkan lebih dari satu jenis penilaian
3.      Menyantumkan bentuk penilaian kelas
4.      Mengembangkan instrumen penilaian dan rubriknya sesuai dengan bentuk penilaian yang dipilih yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau tujuan pembelajaran yang telah ditentukan

1   2   3   4

Skor maksimal ideal = 28
 Skor yang diperoleh guru                              =

Nilai maksimal           =  100
                                               Skor yang diperoleh 
Nilai yang diperoleh   =                                           x  100 = .........................
                                                              28

Simpulan         : ...............................................................................................................
Saran               : ...............................................................................................................

                                                                                           Banyuwnagi
Mengetahui                                                                        Pemeriksa,
Kepala Madrasah



_________________                                                     MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I     

1 komentar: