INSTRUMEN PENILAIAN
(KEMAMPUAN MENYUSUN RPP)
Nama Madrasah          :
Alamat Madrasah        :
Nama Guru                 :
N I P                           :
Pangkat/Golongan      :
Mengajar di Kelas       :
Bidang Studi               :
Standar Kompetensi   : 
Pemeriksaan ke           :
..........Bulan.......................Tahun 20......../20........
Penilaian                      : ( Lingkarilah skor yang
sesuai dengan deskriptor yang teramati)
| 
   
NO 
 | 
  
   
ASPEK
  YANG DINILAI 
 | 
  
   
DESKRIPTOR 
 | 
  
   
SKOR 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Kemampuan
  merumuskan tujuan pembelajaran 
 | 
  
   
1.      Rumusan tujuan pembelajaran
  menyebutkan subjek belajar 
2.      Rumusan tujuan pembelajaran
  dalam bentuk tingkah laku peserta didik dengan menggunakan kata kerja yang
  operasional 
3.      Rumusan tujuan pembelajaran
  menyantumkan dalam kondisi yang bagaimana tingkah laku diwujudkan 
4.      Rumusan tujuan pembelajaran
  menyatakan kreteria keberhasilan 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Kemampuan
  mengorganisasikan bahan pembelajaran 
 | 
  
   
1.      Bahan pelajaran
  dicantumkan sesuai dengan tujuan pembelajaran 
2.      Bahan pelajaran
  dicantumkan dengan penjabaran secara singkat dan relevan dengan tujuan pembelajaran 
3.      Bahan pelajaran
  dicantumkan dengan penjabaran secara sistematis dan relevan dengan tujuan pembelajaran 
4.      Bahan pelajaran
  dicantumkan sesuai dengan kaedah ilmiah 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Kemampuan
  menentukan strategi mengajar 
 | 
  
   
1.      Merumuskan strategi
  mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran 
2.      Menyantumkan lebih
  dari dua metode mengajar 
3.      Strategi yang
  dicantumkan melibatkan siswa 
4.      Menyantumkan
  strategi mengajar yang ada unsur CTL, QT, dan PAKEM 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Kemampuan
  menentukan langkah-langkah mengajar 
 | 
  
   
1.      Menyantumkan
  langkah-langkah mengajar (Kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir). 
2.      Langkah-langkah
  yang dicantumkan menggambarkan pola interaksi (pelibatan peserta didik) yang
  variatif. 
3.      Menyantumkan
  langkah-langkah mengajar secara sistematis dan prosedural 
4.      Langkah-langkah
  yang dicantumkan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Kemampuan
  menentukan alokasi waktu 
 | 
  
   
1.      Menyantumkan
  alokasi waktu 
2.      Menyantumkan
  alokasi waktu secara proporsional 
3.      Menentukan alokasi
  waktu untuk kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir 
4.      Alokasi waktun yang
  ditentukan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Kemampuan
  menentukan sumber, media, dan alat 
 | 
  
   
1.      Menentukan sumber
  belajar yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran 
2.      Menentukan media pembelajaran
  yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran 
3.      Menentukan LKS/hand
  out yang cocok untuk mencapai KD, indikator, atau tujuan pembelajaran 
4.      Mengunakan lebih
  dari satu sumber dan media pembelajaran yang cocok untuk mencapai KD,
  indikator, atau tujuan pembelajaran 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
Kemampuan
  menentukan bentuk, prosedur, dan alat penilaian 
 | 
  
   
1.      Menentukan bentuk
  penilaian yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau
  tujuan pembelajaran 
2.      Menyantumkan lebih
  dari satu jenis penilaian 
3.      Menyantumkan bentuk
  penilaian kelas 
4.      Mengembangkan
  instrumen penilaian dan rubriknya sesuai dengan bentuk penilaian yang dipilih
  yang cocok untuk mengetahui ketercapaian setiap KD, indikator, atau tujuan pembelajaran
  yang telah ditentukan 
 | 
  
   
1   2  
  3   4 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Skor maksimal
  ideal = 28 
 | 
  
   
 Skor yang diperoleh guru                              = 
 | 
 |
| 
   | 
  
   
Nilai maksimal           =  100 
                                              
  Skor yang diperoleh   
                                                             
  28 
 | 
 ||
Simpulan         :
...............................................................................................................
Saran               :
...............................................................................................................
                                                                              
            Banyuwnagi
Mengetahui                                                                        Pemeriksa,
Kepala Madrasah
_________________                                                   
 MOH. YANI, S.Ag, MM,M.Pd.I     
Terimakasih sangat membantu izin Copas Pak
BalasHapus