LEMBAR KERJA
Indikator Madrasah Efektif/Ber-MBM
Checklist berikut berisi jabaran karakteristik atau indikator
madrasah efektif. Berilah tanda cawang (v)
pada masing masing kotak pernyataan apabila Bapak/Ibu yakin indikator tersebut
telah tampak secara optimal di madrasah Bapak/Ibu. Lalu tulislah jumlah cawang
pada kotak yang disediakan. Setelah itu,
buatlah grafiknya pada lembar Grafik Madrasah Efektif/Ber-MBM
KARAKTERISTIK 1: VISI DAN MISI YANG JELAS.
q Madrasah mempunyai visi, misi yang dirumuskan secara jelas.
q Visi, misi dirumuskan bersama dengan stakeholders madrasah.
q Visi, misi dijadikan acuan oleh warga madrasah.
q Visi, misi dijabarkan menjadi tujuan/sasaran, program dan kebijakan madrasah.
q Lingkungan madrasah dan operasional madrasah mencerminkan kebijakan dan
tujuan/sasaran madrasah.
KARAKTERISTIK 2: KEPALA MADRASAH YANG PROFESIONAL.
q Rincian kualifikasi dan pengalaman kepala madrasah terpajang.
q Kepala madrasah
mampu mengkomunikasikan visi dan misi madrasah kepada warga madrasah
q Kepala Madrasah menjalankan madrasah menuju pada pencapaian visi dan misi.
q Madrasah mempunyai rencana pengembangan madrasah yang dilaksanakan dan
direview dan dimonitor secara teratur.
q Kepala madrasah mampu mendiskusikan isu-isu rencana pengembangan madrasah
dengan warga madrasah secara terbuka dan konstruktif.
q Kepala madrasah dihargai oleh warga madrasah termasuk orang tua, staf guru
dan siswa.
q Kepala madrasah selalu menyediakan waktu untuk berbicara atau berdiskusi
dengan orang tua.
q Kepala madrasah mampu mendemonstrasikan pengetahuan ttg madrasah dan
siswanya.
q Kepala madrasah mampu memberikan supervisi yang mengarah pada peningkatan
pembelajaran.
q Kepala madrasah menerima orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan madrasah
dan pembelajaran siswa.
q Kepala madrasah menjunjung tinggi moral warga termasuk moral staf guru.
KARAKTERISTIK 3: GURU YANG PROFESIONAL.
q Rincian kualifikasi dan pengalaman guru terpajang.
q Guru merasa nyaman bekerja di madrasah.
q Guru dipandang positif oleh siswa
q Guru mampu menggunakan berbagai pendekatan mengajar sesuai dengan
kebutuhan.
q Guru dan orang tua mampu berdiskusi masalah pembelajaran dan non
pembelajaran yang timbul dan alternatif pemecahan masalah.
q Guru mengundang orang tua untuk melihat apa yang dipelajari siswa dan
bagaimana siswa mencapainya.
q Guru mengundang orang tua untuk melihat bagaimana disiplin ditegakkan di
kelas.
q Guru mengundang orangtua untuk membantu kegiatan kelas, misalnya kegiatan
seni, olahraga, membaca dan kegiatan pembelajaran lainnya.
q Guru mengikuti berbagai program pengembangan profesi yang direncanakan
secara sistematis.
Karakteristik 4: LINGKUNGAN YANG KONDUSIF.
q Gedung, halaman, dan peralatan madrasah bersih dan terawat.
q Orang tua dapat melihat hubungan yang positif antara masyarakat madrasah
dan lingkungannya.
q Mekanisme untuk partisipasi siswa dalam organisasi madrasah jelas, misalnya
aturan untuk menjadi perwakilan kelas.
q Madrasah mempunyai aturan/kebijakan yang dirumuskan dengan jelas mengenai
isu-isu disiplin, mengganggu siswa lain, dan kesejahteraan siswa lainnya.
q Guru, orang tua, dan siswa memahami aturan/kebijakan tersebut.
q Isu-isu seperti gangguan thd siswa dan disiplin siswa didiskusikan dengan
warga madrasah.
Karakteristik 5: RAMAH SISWA
q Madrasah menyediakan unit/staf pendukung, misalnya guru BP, UKS, unit
pembimbingan karir dan unit pendukung lainnya bagi siswa.
q Siswa mempunyai akses yang mudah terhadap semua unit/staf pendukung
tersebut.
q Madrasah melalukan kerjasama antara unit/staf pendukung tersebut dengan
pusat layanan masyarakat yang lebih luas, misalnya Puskesmas, Kepolisian,
lembaga psikologi.
Karakteristik 6: MANAJEMEN MADRASAH YANG KUAT
q Orang tua dan komite madrasah puas dengan alokasi dana, keputusan ttg jenis
dan waktu pengeluaran dana.
q Madrasah menyediakan staf administrasi yang memadai untuk mendukung operasi
madrasah.
q Staf administrasi mengenal semua siswa dan orang tuanya.
q Madrasah didukung oleh teknologi memadai.
q Madrasah mempunyai fasilitas fisik lain seperti peralatan olah raga, lapang
olahraga, perpustakaan, panggung pentas dan lain-lain.
q Sistem pengembangan keterampilan guru dan sistem penilaian kinerja guru
tersedia dan dilaksanakan termasuk penjadwalannya.
q Madrasah menyediakan waktu untuk guru merencanakan dan melakukan
pengembangan diri.
q Jumlah siswa sesuai dengan petunjuk operasional madrasah dan pengaturan
kelas bisa disesuaikan tergantung kebutuhan.
q Siswa merasa puas dengan pengaturan jadwal dan pengaturan mata pelajaran.
q Madrasah memajang RPS dan RAPBS
q Madrasah melaporkan kegiatan dan pendanaan kepada stakeholders
q Madrasah memiliki budaya mutu.
q Madrasah melakukan monev terhadap kinerjanya.
q Madrasah responsif thd kebutuhan dan aspirasi masyarakat.
Karakteristik 7: KURIKULUM YANG LUAS DAN BERIMBANG
q Semua mata pelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang aktif,
efektif, kreatif, dan menyenangkan.
q Madrasah menyediakan program khusus bagi siswa-siswa yang mempunyai
kebutuhan khusus, termasuk siswa yang kesulitan belajar atau siswa yang
kemampuan belajarnya melebihi rata-rata.
q Madrasah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler, misalnya musik,
olah raga, debate dan lain-lain.
q Guru dapat menjelaskan kepada orang tua bagaimana kurikulum dijabarkan dan
diberikan pada siswa.
q Dalam menjabarkan kurikulum, guru menghubungkannya dengan kecakapan hidup
dan visi madrasah.
Karakteristik 8: PENILAIAN DAN PELAPORAN PRESTASI SISWA YANG BERMAKNA
q Orang tua memahami dan puas dengan tingkat informasi yang diberikan ttg
anak mereka.
q Orang tua diberi informasi ttg perkembangan akademik, sosial, personal dan
fisik siswa.
q Orang tua dapat melihat perubahan pendekatan mengajar yang dilakukan guru
bedasarkan hasil penilaian.
q Guru menggunakan berbagai macam teknik penilaian.
q Informasi yang diberikan kepada siswa mengenai kemajuan mereka belajar
mereka bersifat membangun dan membimbing.
Karakteristik 9: PELIBATAN MASYARAKAT YANG TINGGI
q Orang tua mempunyai sikap yang positif thd madrasah dan sangat giat
berpartisipasi dalam kegiatan madrasah.
q Orang tua terlibat dalam pembelajaran siswa dalam berbagai bentuk dan hadir
dalam berbagai kegiatan.
q Orang tua terlibat dalam menentukan visi, misi, tujuan dan kebijakan madrasah.
q Madrasah memberikan pelatihan atau pembimbingan kepada orang tua mengenai
cara membantu tugas madrasah, memahami isu-isu pendidikan, dan isu kesamaan
gender.
q Komite madrasah mempunyai hubungan yang erat antara dan orang tua siswa.
q Orang tua puas dengan tingkat komunikasi antara madrasah dengan orang tua.
q Madrasah meminta dan menerima masukan dari orang tua tentang kepuasan orang
tua thd kinerja madrasah.
q Madrasah dipandang sebagai bagian penting dari masyarakat.
q Madrasah mempunyai hubungan dengan madrasah lain, organisasi pemerintah,
pusat-pusat pelayanan masyarakat, organisasi bisnis dan masyarakat luas pada
umumnya.
saya IBU WINDA posisi sekarang di malaysia
BalasHapusbekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putseseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya us asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan